Breaking News:

Pemko Tiadakan Pawai Takbir Keliling

Selain Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mengingat penyebaran Covid-19 belum berakhir

SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
Kendaraan hias menyerupai tank tempur melintas di Jalan STA Mahmudsyah saat pawai takbir Idul Fitri 1440 Hijriah, Selasa (4/5/2019) malam. 

LHOKSEUMAWE – Selain Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mengingat penyebaran Covid-19 belum berakhir, ternyata Pemko Lhokseumawe juga meniadakan pawai takbir keliling pada malam lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya sudah menandatangani surat edaran  Nomor : 100/ 677/2021, Selasa (3/4/2021). Hal tersebut diberlakukan di tengah masyarakat khususnya di Lhokseumawe, menyusul masih adanya penyebaran Covid-19.

“Sesuai dengan data Satgas Covid-19, maka perlu diambil langkah tegas untuk mencegah kerumunan massa. Karena, kerumunan massa akan dapat mempercepat penularan dan hal ini tidak diinginkan terjadi oleh semua pihak,” tegas Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya kepada Serambi, Rabu (5/5/2021).

Ia mengimbau tidak ada mengumpulkan massa untuk melakukan pawai akbar takbir keliling. Pawai takbir itu baik dengan menggunakan kendaraan bermotor maupun dengan berjalan kaki pada setiap lorong-lorong, dan jalan raya.

Meski pun demikian, sebut Suaidi, mengingat mayoritas masyarakat Aceh khususnya Kota Lhokseumawe beragama Islam, maka suara takbir harus tetap bergema yang dapat disemarakan di rumah masing-masing, masjid, musalla, dan meunasah. “Namun, untuk di rumah ibadah hanya boleh dilakukan oleh pengurus takmir masjid, meunasah, dan musalla. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan,” terang Suaidi.

Menurutnya, menyemarkkan takbir juga dapat dilakukan melalui media elektronik dan media digital lainnya, karena lebih efektif aman serta tidak timbulkan kerumunan masa.

Wali Kota menyebutkan, terkait dengan penerapan PPKM di Lhokseumawe, Pemko juga melarang aktivitas penjualan mercon, petasan, dan kembang api dalam menyambut hari raya Idul Fitri tahun ini. “Petugas akan mencegah adanya kegiatan pawai takbir keliling dari luar kota agar tidak memasuki Lhokseumawe,” tutupnya.(zak)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved