Breaking News:

Protokol Kesehatan

Kankemenag Minta Kabupaten/Kota Perkuat Sosialisasi Protkes Covid-19 di Selama Ramadhan & Idul Fitri

Dalam rapat yang dilaksanakan secara luring dan daring, Iqbal menyatakan, sejauh ini Kemenag RI telah mengeluarkan empat Surat Edaran (SE) menyangkut

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Ansari Hasyim
Foto Humas Kanwil Kemenag Aceh
Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg meminta Kepala Kemenag Kabupaten/Kota di Aceh dan jajaran di bawahnya untuk memperkuat sosialisasi penerapan protokol kesehatan (protkes) di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Permintaan itu disampaikan dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Protokol Kesehatan di Rumah Ibadah yang diikuti para Kepala Bidang Kanwil Kemenag Aceh, Kakankemenag Kabupaten/Kota dan jajarannya, Kamis (6/5/2021).

Dalam rapat yang dilaksanakan secara luring dan daring, Iqbal menyatakan, sejauh ini Kemenag RI telah mengeluarkan empat Surat Edaran (SE) menyangkut dengan panduan ibadah di bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Aturan ini dituangkan dalam SE Nomor 3,4, 6 dan 7.

Menurut Iqbal, Kanwil Kemenag Aceh bersama pemerintah daerah telah mensosialisasikan berbagai aturan terkait pelaksanaan ibadah pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri, namun masih ada masyarakat yang belum mematuhinya, terutama saat memburu takjil jelang berbuka puasa.

Beasiswa Mestinya Disalur Pihak yang Tepat ke Penerima yang Tepat

Agen Perubahan dan Inovasi di BPN Aceh Besar

"Kami berharap kepada Kakankemenag, penyuluh, penghulu serta ASN dan keluarga besar Kemenag untuk tidak jenuh mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat," kata Iqbal.

Iqbal berharap di samping sosialisasi setiap aturan, para ASN Kemenag juga diminta untuk memulainya dari diri sendiri dengan mematuhi protokol kesehatan dan tidak mudik.

"Bagaimana kita sosialisasikan kepada masyarakat jika tidak kita mulai dari diri sendiri, saya rasa ini tidak akan berjalan," ujarnya.

Iqbal juga menuturkan, Kemenag Aceh berkomitmen untuk terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, Kapolda dan Pangdam Iskandar Muda.

Sementara Staf Ahli Menteri Agama Bidang Administrasi dan Good Goverment serta Hubungan Antar Lembaga Keagamaan, Hasan Basri Sagala dalam kesempatan itu meminta jajaran Kanwil Kemenag Aceh untuk membangun koordinasi, komunikasi dan konsultasi dengan gugus Covid-19 Provinsi Aceh.

Menurutnya, hal ini menjadi penting guna meminimalisir angka penyebaran wabah Covid-19 di Serambi Mekkah.
"Kita juga berharap seluruh jajaran Kemenag mengirimkan laporan kepada jajaran di atasnya untuk memastikan pengawasan ini berjalan dengan baik," kata Hasan.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved