Breaking News:

Keluarga, Madrasah bagi Anak-anak

Bulan Ramadhan tak hanya melatih kaum muslim menjadi hamba yang taat, tapi juga menjadi momen pendidikan

SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Dr Muhammad AR MEd MA terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh periode 2020-2025 menggantikan Dr Tgk Hasanuddin Yusuf Adan MCL MA. 

BANDA ACEH - Bulan Ramadhan tak hanya melatih kaum muslim menjadi hamba yang taat, tapi juga menjadi momen pendidikan bagi orang-orang yang bertakwa, termasuk mendidik keluarga dalam beribadah, terutama menjalankan puasa.

Hal itu diulang Ketua Dewan Dakwah Aceh, Assoc Prof Dr Tgk Muhammad AR MEd pada program Serambi Spiritual, yang dipancarkan melalui saluran radio 90,2 0 Mhz, dan live streaming di Fanspage Serambinews.com, serta Instagram Serambi FM, Kamis (6/5/2021). Program yang dipandu host Syita Otha merupakan kerja sama antara Serambi FM dengan Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI).

Dikatakan, berbicara keluarga, segala apapun haruslah bermuara dari sebuah keluarga itu sendiri. Terutama bagaimana sebuah keluarga menjalankan Ramadhan atau ibadah puasa, maka tergantung bagaimana pula pendidikan di sebuah keluarga itu.

Jika di suatu keluarga itu mendidik anak-anak yang baik, maka dia akan mengeluarkan orang-orang baik juga nantinya. Buan Ramadhan, semuanya sangat tergantung sebagaimana pendidikan di sebuah keluarga.

Jika ibu dan ayah mencontohkan hal-hal baik di rumah, seperti melakukan ibadah puasa, maka tentu saja anak-anak yang di dalam keluarga pasti mengikuti kedua orang tuanya.

Namun, jika kedua orang tua tidak berpuasa, maka anak-anak pun tidak menghiraukan puasa itu. "Sebab, banyak sekali hal yang kita dapatkan di bulan Ramadhan. Apalagi dalam hal berumah tangga. Banyak nilai-nilai yang bisa kita ambil di bulan Ramadhan terutama pendidikan ketaatan atau pendidikan ketundukan," kata Prof  Muhammad AR

Dikatakan, setiap anak kecil akan berubah pikiran. Namun, ia akan mengingat dan terdidik tentang apa yang diajarkan dan dicontohkan orang tuanya saat bulan Ramadhan. "Anak akan mikir, ayah ibu kemarin makan tiga kali sehari, bulan ini kok hanya dua kali, saat sahur dan berbuka. Nah, anak-anak akan berpikir seperti itu dan terdidik lah dia," lanjutnya.

Seiring berjalannya waktu, ketika sang anak memasuki umur belasan tahun, secara tidak langsung dia akan mengikuti segala kebaikan yang diajarkan oleh kedua orang tuanya. Jika dalam keluarga memiliki pengetahuan tentang agama, otomatis anak akan ikut, dan dia akan mengikuti sebagiamana perintah agama, perintah Allah dan Rasul. "Anak akan mendidik sesuai apa yang dia ketahui, sebab itulah pentingnya ilmu dan pendidikan di dalam keluarga," katanya.

Dijelaskan Tgk Muhammad AR, sebelum menikah, bekal ilmu agama sangat penting bagi kedua orang tua untuk mendidik anak-anaknya kelak. Setiap sepasang suami istri yang tidak memiliki pendidikan, khususnya pendidikan agama, maka tidak mungkin mereka akan melahirkan putra-putri yang tumbuh dan patuh kepada Allah dan Rasul.

Disebutkan, jika keluarga itu memiliki peran sebagai Madrasatul'ula atau madrasah utama bagi anak-anak terutama mengajarkan ilmu agama. Begitu juga di bulan Ramadhan seperti saat ini, merupakan momen terbaik mengajarkan puasa kepada anak.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved