Breaking News:

Kabar Bireuen

Jelang Idul Fitri, Bupati Bireuen Keluarkan Instruksi untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Instruksi Bupati Bireuen ini berisi tentang pelarangan/pembatasan kegiatan menyambut hari raya Idul Fitri 1442 hijriah.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Foto kiriman warga
Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi 

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Mencegah penyebaran covid-19 menjelang hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah tahun 2021 Bupati Bireuen mengeluarkan instruksinya.

Instruksi Nomor 2/INSTR/2021 tentang pelarangan/pembatasan ditandatangani Jumat (07/05/2021) tentang kegiatan menyambut hari raya Idul Fitri tahun 1442 hijriah/2021 dan kegiatan sosial masyarakat lainnya di  Bireuen.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Bireuen, Zubair SH MH mengatakan, instruksi tersebut merujuk berbagai peraturan mulai Undang-undang, Qanun Provinsi Aceh, surat edaran Mendagri, surat edaran Menteri Agama, Instruksi Gubernur Aceh, hasil rapat Forkopimda dengan kepala SKPK Bireuen, Jumat 7 Mei 2021.

Selain itu, instruksi itu dikeluarkan sesuai hasil rapat Forkopimda dengan kepala SKPK dan instansi terkait di Oproom kantor bupati.

“Intruksi bupati tentang seruan yang telah dikeluarkan sebelumnya yaitu himbauan bersama Forkopimda dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1442 H/2021 M,” kata Zubair.

Instruksi tersebut ditujukan kepala SKPK, para Camat, imum Chiek dan para Keuchik dalam Bireuen isinya antara lain melarang takbiran keliling dengan menggunakan kenderaan atau jalan kaki dan dihimbau takbir Idul Fitri 1442 H /2021 M dilaksanakan di masjid, mushalla, meunasah atau tempat ibadah lainnya. 

Baca juga: Virus Corona Disebut Senjata Biologis untuk Memulai Perang Dunia 3, Sudah Disiapkan 6 Tahun Lalu

Baca juga: Lowongan Kerja BUMN PT Hutama Karya Terbaru, Ini Posisi yang Dibutuhkan

Baca juga: Warga Palestina dan Polisi Israel Bentrok, MPU Aceh: Pemimpin Dunia Harus Bersatu Bantu Palestina

Baca juga: Viral Wanita Bagi-bagi Uang Rp 100 Juta dari Balkon, Ternyata Pengusaha, Beri Bonus untuk Karyawan

Shalat Idul Fitri 1442 H/2021 M dilaksanakan di dalam area masjid taslim masing masing, tidak dilaksanakan diluar area masjid dan atau di lapangan terbuka.

Kemudian, masyarakat tetap harus menjaga protokoler kesehatan dengan menjaga jarak, cuci tangan dan memakai masker serta menghindari keramaian di tempat umum, daerah wisata, serta tidak bepergian keluar daerah.

Sedangkan untuk silaturahmi dilaksanakan dengan jumlah terbatas dan menerapkan protokol COVID-19 dan melarang, membatasi kegiatan sosial masyarakat yang sifatnya terjadi pengumpulan banyak orang di wilayah kerjanya pada saat dan pasca Idul Fitri 1442 H/2021.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved