Breaking News:

Penjualan Ternak Sapi Rendah

Kepala Dinas Peternakan Aceh, drh Rahmandi MSi mengatakan, hasil pengecekan yang mereka lakukan di pasar hewan

Editor: hasyim
For Serambinews.com
Menjelang puasa Ramadhan 1442 Hijriah, harga sapi di pasar Hewan Sibreh. Kecamatan Sukamakmur, Aceh Besar, naik dan diprdeksi dagang Meugang Ramadan mencapai Rp 170 ribu perkilogram, Rabu (7/4/2021). 

* Pedagang Sesuaikan Harga

BANDA ACEH - Kepala Dinas Peternakan Aceh, drh Rahmandi MSi mengatakan, hasil pengecekan yang mereka lakukan di pasar hewan, jumlah ternak yang terjual juga tidak banyak, di bawah 100 ekor.  Jumlah itu, menurut Rahmandi,  jauh lebih rendah dibandingkan data pengecekan dua tahun lalu. Dimana jumlah sapi yang terjual di atas 200 ekor.

Jumlah sapi yang dibawa  ke Pasar Hewan Sibreh, ungkap Rahmandi, cukup banyak, di atas 700 ekor, tapi transaksi penjualan dan pembeliannya di bawah angka 100 ekor.

Kecuali itu, harga jual sapi sudah juga naik cukup tinggi. “Kalau sapi berbobot 450-500 kg dijual dengan harga diatas Rp 30 juta, harga jual daging pasti naik, di atas harga harian,” tuturnya.

Rahmandi mengimbau kepada para pedagang sapi di Banda Aceh dan Aceh Besar, sebelum memotong sapi yang dibelinya untuk meugang lebaran, diminta untuk memeriksakan terlebih dulu kesehatan sapi ke dokter hewan atau mantri kehewanan di kecamatan/gampong.

Dia juga mengimbau agar pemotongan sapi dilakukan di Rumah Potong Hewan yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar. Hal ini dimaksudkan, kalau di potong di rumah Potong Hewan, kebersihan daging sapinya lebih terjamin, karena pihak rumah potong, akan mengecek lebih dulu kesehatan sapi, sebelum di potong.

Sementara itu pada pedagang sapi di Banda Aceh dan Aceh Besar mengatakan akan menyesuaikan harga jual daging pada meugang Lebaran Idul Fitri ini. Seperti yang disampaikan Fahmi, pedagang daging di Beurawe, Banda Aceh, Minggu (9/5/2021).

Meski diperkirakan harga jual daging di hari meugang nanti bakal mengalami kenaikan, namun dia memperkirakan angka kenaikannya tidak terlalu mencolok.  Untuk daging kualitas 1 yang biasanya Rp 130 ribu/kilogram (kg), kemarin, dijual dengan harga Rp 150.000/kg.

Penyesuaian harga itu dilakukan, katanya, karena memang harga jual sapi di pasar mengalami kenaikan. Untuk sapi berukuran 500 kg sebelumnya dijual Rp 25 juta-27 juta/ekor, kini Rp 30 juta/ekor.

Dikatakan, harga daging jelang meugang Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah ini sudah tinggi, karena memang harga ternaknya sendiri juga mahal. “Kami terpaksa menaikkan harga jual daging, karena memang harga sapinya sendiri sudah beranjak naik,” tuturnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved