Breaking News:

OTK Lempar Sabu ke Lapas

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) kembali berhasil menggagalkan penyelundupan sabu

Editor: hasyim
(KOMPAS.com/ HADI MAULANA)
Sejumlah barang bukti Sabu sabu yang berhasil digagalkan dari aksi penyelundupan kurir narkoba jaringan Internasional melalui bandara Hang Nadim Batam 

BLANGPIDIE - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) kembali berhasil menggagalkan penyelundupan sabu yang dilempar ke Lapas. Kejadian serupa juga pernah terjadi pada awal Januari lalu, yang mana barang haram itu gagal mendarat dan tersangkut di atas seng.

Kepala Lapas II B Blangpidie, Akhmad Widodo menyebutkan, penyelundupan sabu yang dilakukan orang tak dikenal (OTK) itu terjadi pada Selasa (11/6/2021) sekira pukul 4.30 WIB.

"Penyelundupan sabu itu dilakukan dengan cara melempar satu paket sabu sebesar satu ruas ujung jari telunjuk orang dewasa, dengan pemberat batu dikemas dalam plastik dari luar tembok menuju depan kamar 5 blok B," ujar Kepala Lapas II B Blangpidie, Akhmad Widodo.

Akhmad Widodo menduga sabu yang dilempar tidak sampai ke sasaran yakni ke depan kamar 5 blok B, dan jatuh di belakang kamar 5 blok B. Hal itu terdeteksi oleh komandan regu jaga malam bersama anggotanya yang langsung mengamankan benda asing di dalam Lapas. "Saat itu, komandan regu Andhika Rahmat bersama anggota melihat benda mencurigakan, setelah dicek ternyata sabu-sabu," ungkapnya.

Temuan itu selanjutnya dilaporkan kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan. "Selain itu, kita juga sudah berkoordinasi dengan Kapolres untuk penyerahan BB guna mengantisipasi terjadi hal-hal tidak diinginkan," sebutnya.

Menurutnya, penyerahan BB ke Polres itu guna diperiksa dan dikembangkan oleh pihak kepolisian. "Insya Allah, kami sangat berkomitmen untuk memberantas peredaran narkoba. Bahkan, kami tidak segan untuk menindak tegas apabila ada petugas dan warga binaan yang terlibat," pungkasnya.

Polisi Dalami Kasus

Sementara itu, Satreskrim Polres Aceh Barat Daya (Abdya) berjanji akan mendalami kepemilikan sabu tak bertuan yang ditemukan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Blangpidie.

Hal itu ditegaskan Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution SIK melalui Kasat Resnarkoba, Ipda Hengki Harianto SH MH. "Ada penemuan sabu di Lapas. Setelah terima laporan, kami langsung datang mengambil barang haram itu dari petugas Lapas," ujar Ipda Hengki Harianto SH.

Pihaknya kini sedang menyelidiki siapa dan kemana barang haram tersebut ditujukan. "Dalam waktu dekat, kita akan sisir dan periksa minimal para napi narkoba di Lapas dulu," ungkapnya.

Setelah itu, pihaknya juga akan memeriksa para keluarga napi narkoba. "Mohon doanya, agar kasus ini bisa terungkap," demikian Hengki Harianto.(c50)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved