Breaking News:

Berita Aceh Barat Daya

Puluhan Narapidana Lapas Kelas IIB Blangpidie Dapat Remisi Khusus Lebaran

Sebanyak 73 orang narapidana warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) mendapat remisi khusus idul...

Penulis: Rahmat Saputra | Editor: Jalimin
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Kepala Lapas Kelas IIB Blangpidie, Akhmad Widodo, menyerahkan remisi umum kepada 72 warga binaan setempat yang diwakili 2 orang warga binaan, Senin (17/8/2020) sore. 

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Sebanyak 73 orang narapidana warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) mendapat remisi khusus idul fitri 1442 H.

Ka Lapas IIB Blangpidie, Akhmad Widodo menyebutkan, resmi khusus itu diberikan untuk warga binaan yang memenuhi syarat.

“Dari 137 narapidana di Laps II B Blangpidie, hanya 73 yang memenuhi syarat, sementara 64 narapidana tidak memenuhi syarat,” ujar Kepala Lapas IIB Blangpidie, Akhmad Widodo.

Menurutnya, dari 64 orang narapidana tidak mendapat remisi khusus itu, 59 Orang tidak lengkap syarat administrasi (ADM) sebanyak 4 orang narapidana hukuman seumur hidup, dan 1 orang narapidana beragama Kristen.

Pemberian hak remisi dilakukan secara cepat dan transparan melalui Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) yang mengacu pada pelayanan secara PASTI serta tanpa pungutan liar karena dilakukan secara online melalui SDP dengan akurasi data yang tinggi.

“Jadi, 64 orang napi itu tidak diberikan, karena tidak memenuhi syarat, pada prinsipnya kalau memenuhi syarat tetap dapat remisi,”  ungkapnya.

Remisi, sebutnya, adalah pengurangan menjalani masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan Anak yang memenuhi syarat yang ditentukan dalam ketentuan perundang-undangan. Besaran pengurangan menjalani masa pidana yang diberikan meliputi 15 hari, 1 bulan, 1 bulan 15 hari hingga 2 bulan,” pungkasnya.

“Semoga dengan pemberian remisi Idul fitri ini, dapat memotivasi warga binaan untuk mencapai penyadaran diri, yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari, serta selalu meningkatkan optimisme dalam menjalani pidana hilang kemerdekaan yang sedang dijalani,” pungkasnya.(*)

Baca juga: Serangan Israel Jelang Idul Fitri, Sudah 35 Warga Palestina Meninggal, Gaza Terancam Dilanda Perang

Baca juga: BREAKING NEWS - Sembilan Rumah di Kualasimpang Aceh Tamiang Ludes Terbakar, Enam Rusak

Baca juga: Bentrok di Yerusalem, Pastor Katolik Palestina Ajak Umat Kristiani Lindungi Masjid Al Aqsa

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved