Breaking News:

Menkumham Beri Remisi Khusus Idul Fitri 1442 Hijrah kepada 4.833 Napi di Aceh

Para napi yang beruntung dapat remisi khusus itu berasal dari 26 lembaga pemasyarakatan (LP) dan rumah tahanan negara (rutan) di seluruh Aceh.

For Serambinews
Kakanwil Kemenkumham Aceh, Drs Meurah Budiman MH (paling depan) berpose bersama pimpinan tinggi pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh, Senin (10/5/2021) siang. 

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Prof Dr
Yasonna Laoly SH MSc menyetujui pemberian remisi (pengurangan hukuman) kepada 4.833 narapidana di Aceh dari 4.848 orang yang diusulkan sebelumnya.

Para napi yang beruntung dapat remisi khusus itu berasal dari 26 lembaga pemasyarakatan (LP) dan rumah tahanan negara (rutan) di seluruh Aceh.

Persetujuan Menkumham RI itu dituangkan dalam surat keputusan Nomor: Pas-526.PK.01.05.05 Tahun 2021 tanggal 13 Mei 2021 tentang Pemberian Remisi Khusus (RK) Idul Fitri 1442 H.

Sedangkan 15 orang lagi napi belum disetujui remisi khususnya pada Lebaran tahun ini karena harus melengkapi kembali syarat administrasi.

Baca juga: Gal Gadot Komentari Konflik Negaranya dengan Palestina: Israel Berhak Hidup Sebagai Negara Bebas

Baca juga: Kumpulan 70 Ucapan Selamat Idul Fitri 2021 Bahasa Inggris & Indonesia, Cocok untuk Bikin Status

"Mereka harus melengkapi lagi syarat administrasinya yang masih kurang," ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, Drs Meurah Budiman MH kepada Prohaba, Rabu (12/5/2021) malam.

Menurut Meurah, remisi khusus (RK) ini hanya diberikan kepada napi pada hari besar keagamaan. Khusus bagi napi muslim, remisi khusus diberikan pada perayaan Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya.

Pada tahun 2021 ini, kata Meurah, Kanwil Kemenkumham Aceh telah mengusulkan remisi khusus Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021 sebanyak 4.848 orang napi se- Aceh dari total 8.698 penghuni LP dan rutan se-Aceh per 12 Mei 2021.

Sebagian napi lainnya, lanjut Meurah, belum memenuhi syarat untuk diberikan remisi khusus karena belum menjalani minimal enam bulan masa pidana atau bagi napi terkait PP Nomor 99 Tahun 2012 belum menjalani 1/3 masa pidananya.

Baca juga: Kisah Sedih Seorang Anak Yatim di Hari Raya Idul Fitri yang Membuat Rasulullah SAW Terenyuh

Baca juga: Gadis Cantik Terkapar di Halaman Sekolah Usai Dikeroyok, Sempat Tak Sadarkan Diri

Meurah Budiman juga menyampaikan kepada awak media tentang syarat-syarat untuk mendapatkan remisi khusus bagi napi atau anak pidana (anak didik pemasyarakatan/andikpas).

Halaman
12
Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved