Breaking News:

Sungai Lawe Tuban

Kerusakan BPBD Aceh Tenggara Sungai Lawe Tuban Belum Diperbaiki, Ini Penyebabnya

Menurut dia, untuk memperbaiki tanggul Sungai Lawe Tuban Jebol ini, pihaknya menunggu surat dari Kepala Desa agar tidak ada komplain ke depannya .

Serambinews.com
Jalan nasional Aceh Tenggara-Sumatera Utara, di kawasan Kompleks Pelajar Babussalam, tergenang air luapan dari Sungai Lawe Bulan. Banjir yang terjadi Minggu (30/12/2018) malam ini sempat membuat panik warga yang langsung mengungsi ke tempat aman untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Tenggara

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE - Sepanjang 30 meter tanggul Sungai Lawe Tuban Jebol hingga kini belum diperbaiki pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara.

"Tanggul Sungai Lawe Tuban belum kita perbaiki karena masih menunggu surat izin dari kepala desa setempat. Karena kita tidak mau muncul masalah ketika alat berat melintas di tanah milik warga setempat," ujar Plt Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, Nazmi Desky SKM MAP kepada Serambinews.com, Sabtu (15/5/2021).

Kata dia, daerah tanggul Sungai Lawe Tuban ini sudah sering kali diperbaiki akibat jebol dikarenakan intensitas hujan sehingga debit air terus bertambah dan tanggul tak mampu menampung debit air.

Menurut dia, untuk memperbaiki tanggul Sungai Lawe Tuban Jebol ini, pihaknya menunggu surat dari Kepala Desa agar tidak ada komplain ke depannya.

VIDEO Hindari Penyebaran Covid-19, Seluruh Objak Wisata di Bireuen Ditutup Sementara

PMB di Lhokseumawe Tetap Digelar Secara Tatap Muka Pada 19 Mei 2021, Ini Aturan Lengkapnya

"Kalau udah ada surat pengantar kepala desa kita langsung memperbaikinya karena alat berat sudah siaga," ujarnya.

Lanjutnya, saat ini banjir masih terjadi di Desa Kuning I Kecamatan Bambel. Namun, sudah mulai surut.

Seperti diberitakan sebelumnya hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Tenggara, mengakibatkan Desa Kuning I, Kecamatan Bambel, Agara, dilanda banjir, Jumat (14/5/2021) sekira pukul 15.36 WIB.

Plt Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, Nazmi Desky SKM MAP, dalam rilis, Jumat (14/5/2021) mengatakan, intensitas hujan yang tinggi beberapa hari ini, mengakibatkan tanggul sungai Lawe Tuban jebol yang berada di Desa Lawe Ijo sepanjang 30 meter sehingga air meluap ke pemukiman warga Desa Kuning I.

Akibat musibah itu, 21 Kepala Keluarga atau 78 jiwa terdampak banjir. Namun, tak ada warga yang mengungsi.(*)

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved