Breaking News:

Bupati Minta Petani Patuhi Jadwal Tron U Blang

Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali meminta para petani agar mematuhi jadwal turun ke sawah (tron u blang musim) tanam gadu (meugo ruweung)

Bupati Minta Petani Patuhi Jadwal Tron U Blang
HUMAS PEMKAB ACEH BESAR
Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali foto bersama Menteri Pertanian Dr H Syahrul Yasin Limpo saat panen raya MT Gadu tahun 2020 di Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Rabu (30/9/2020) lalu.

JANTHO - Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali meminta para petani agar mematuhi jadwal turun ke sawah (tron u blang musim) tanam gadu (meugo ruweung) yang telah ditetapkan untuk kelancaran dan kesuksesan proses usahatani di daerah itu.

Menurut Ir Mawardi Ali, Selasa (18/5/2021), Pemerintah Kabupaten Aceh Besar bersama OPD terkait sangat komit untuk menyukseskan program pertanian yang merupakan salah satu prioritas pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan petani.

“Kegiatan Meugo Ruweung tahun ini sudah kita mulai. Pada hari Senin (17/5/2021), telah dilakukan pelepasan air untuk musim Tanam Gadu tahun 2021 yang dipusatkan di Bendungan Seuneubok, Kecamatan Seulimuem. Distribusi air dalam sektor pertanian memegang penting. Itu pula sebabnya, pengaturan air secara adil, merata, dan bijaksana merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan bagi petani.

Untuk itu, Bupati Mawardi Ali mengharapkan para petani agar mematuhi jadwal yang telah ditetapkan untuk kelancaran dan keberhasilan musim tanam gadu ini. Di samping itu, kepada para pejabat OPD terkait dan PPL untuk selalu membimbing para petani demi menggapai hasil maksimal sebagaimana yang telah diraih Aceh Besar pada musim tanam yang lalu.

Sebagaimana jadwal yang telah disepakati, kegiatan penyemaian benih direncanakan pada 25 Mei 2021 dan penanaman serentak diprediksi mulai 10 Juni 2021 dengan perkiraan panen pada bulan Oktober 2021. Selama ini, ungkap Bupati Aceh Besar, peran petani untuk mendukung program ketahanan pangan nasional sudah dibuktikan. Hasil panen juga sangat membahagiakan, yakni mencapai 7,2 ton per hektare.

Tahun 2020 lalu, panen raya MT Gadu dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian Dr H Syahrul Yasin Limpo.Keberhasilan tersebut tentu saja tidak terlepas dari peran aktif semua pihak, termasuk petani, KTNA, PPL, keuchik, para camat, dan OPD terkait. Pada bagian lain, Bupati Mawardi Ali menilai, sektor pertanian sangat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Diharapkan, dengan kerjasama dan kerja keras semua stakeholder, kegiatan Musim Tanam Gadu ini akan juga meraih hasil terbaik untuk peningkatan kesejahteraan para petani di Aceh Besar.

“Pemkab Aceh Besar selalu mengajak semua pihak terkait untuk mempersiapkan langkah dan gerak nyata untuk menyatukan visi dan misi serta mencurahkan segenap pikiran untuk menyukseskan Musim Tanam Gadu 2021 di Kabupaten Aceh Besar,” demikian ungkap Ir Mawardi Ali.(hab/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved