Breaking News:

Wisata Edukasi

Disdikbud dan Dispar Banda Aceh Kolaborasi untuk Wisata Edukasi

Saminan memberikan penjelasan tentang pelaksanaan Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistic yang mencak

Foto Humas Pemko Banda Aceh
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman bersama para Kepala Daerah peserta Pra Kongres JKPI dan Direktur Eksekutif JKPI, Nanang Asfarinal berfoto bersama di PLTD Apung dalam kegiatan City Tour JKPI, Selasa (30/1/2021). 

Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Dinas Pariwisata (Dispar) Banda Aceh berkolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan wisata edukasi.

Sebagai tindak lanjut, Kepala Dinas Pariwisata, Iskandar beserta jajaran menerima kunjungan Kadisdikbud Kota Banda Aceh, Dr Saminan M.Pd didampingi kasi data dan informasi pendidikan, Nur Muhammad, SE MPd, Senin (17/5/2021).

Saminan memberikan penjelasan tentang pelaksanaan Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistic yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul.

Adapun untuk mewujudkan program tersebut, katanya, dibutuhkan kerja sama atau kolaborasi lintas instansi.

Cara Unik Warga Reului ‘Intat Linto’ Pakai Boat

Kauman Pisang, Wisata Sungai Khas Labuhan Haji

Katanya kerja sama itu dapat dilaksanakan dengan Dinas Pariwisata yaitu dengan mengembangkan program wisata pendidikan atau yang biasa disebut dengan karyawisata, merupakan belajar yang dilaksanakan dalam bentuk perjalanan untuk rekreasi atau liburan, namun terdapat aktivitas edukasi atau pendidikan di dalamnya.

Saminan menambahkan, dalam pelaksanaan pengembangan kegiatan belajar mengajar di sekolah, wisata edukasi sangat diperlukan sebagai bahagian dari literasi.

Banyak aktifitas minat bakat siswa yang telah dikembangkan di sekolah, untuk itu diperlukan sarana dan prasarana yang dapat menyalurkan hobi dan kreatifitas generasi muda.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh Iskandar S Sos MSi mengatakan, pihaknya akan mendukung sepenuhnya inovasi pembelajaran terbaru dari Disdikbud yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan khususnya melalui wisata pendidikan.

Terlebih lagi Kota Banda Aceh telah didaulat sebagai kota referensi pendidikan dan itu merupakan pintu gerbang untuk pengembangan pariwisata pendidikan.

Lanjutnya, Dispar akan berkontribusi menyiapkan sarana dan prasarana sebagai tempat pementasan untuk siswa sekolah untuk ajang penampilan, baik kreasi seni, arena pertunjukan bakat minat siswa dan aktifitas lainnya. (*)

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved