Breaking News:

Tes Masuk UMPTKIN Digelar 24-27 Mei, Dilaksanakan Secara Online

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Nasional atau UMPTKIN Tahun 2021 sudah di ambang pintu. Bagi lulusan SLTA yang ikut UMPTKIN

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr H Gunawan Adnan MA Ph.D 

BANDA ACEH - Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Nasional atau UMPTKIN Tahun 2021 sudah di ambang pintu. Bagi lulusan SLTA yang ikut UMPTKIN tahun 2021 dan memilih UIN Ar-Raniry, tesnya digelar tiga hari, yakni 24, 25 dan 27 Mei.

Sebagaimana sebelumnya, proses tes tahun ini juga dilaksanakan dengan sistem secara elektronik (SSE). Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Gunawan Adnan MA PhD, menjelaskan, pelaksanaan tes pada hari pertama dan kedua, masing-masing dilaksanakan tiga sesi, sedangkan pada hari ketiga hanya dua sesi.

Sehubungan dengan itu, Gunawan mengingatkan agar peserta benar-benar teliti mengecek jadwal ujian masing-masing agar tak terlewatkan. Ia juga tak lupa mengingatkan bahwa pelaksanaan UMPTKIN  tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, UIN Ar-Raniry tidak memfasilitasi peserta hadir ke kampus dalam kondisi apa pun.

"Untuk itu, peserta yang mengalami kendala selama mengikuti ujian dapat menghubungi panitia melalui https://sapa.span-ptkin.ac.id/, nanti panitia pusat yang akan menghubungi kembali setiap peserta," ujarnya kepada Serambi, Selasa (18/5/2021) seusai meninjau proses simulasi UMPTKIN 2021 di Gedung ICT Center UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, Selasa (18/5/2021) siang.

Terpisah, Kepala Bagian Akademik UIN Ar-Raniry, Fadhli MPd menyebutkan, peserta yang memilih ujian di UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada UMPTKIN tahun ini sebanyak 2.819 orang dari total 100.039 peserta seluruh Indonesia.

Untuk mencegah gagal ujian dengan jumlah peserta yang sebanyak itu, Panitia Lokal UIN Ar-Raniry telah melakukan simulasi tes SSE selama tiga hari, yaitu 17-19 Mei 2021. Adapun materi tes yang diujikan, antara lain Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Menurut Fadhli, yang hadir dalam simulasi tersebut mencapai 89 persen dari total calon peserta yang tes di UIN Ar-Raniry. Dia yakin, pelaksanaan UMPTKIN tahun 2021 akan berjalan lancar asalkan peserta serius mempersiapkan diri dan fasilitas pendukung sesuai dengan petunjuk panitia.

Selain Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) sesuai dengan jurusan yang dipilih, dalam Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Nasional (UMPTKIN) Tahun 2021 ini juga diadakan tes baca tulis Alquran.

Dalam tes ini, pada saat menjawab soal, peserta harus mengaktifkan mik di laptop atau di ponsel android untuk merekam suaranya membaca Alquran. Selanjutnya, untuk soal menulis ayat Quran peserta harus menuliskannya pada layar yang ditampilkan.

"Lebih jelasnya lagi silakan membaca detail petunjuk yang telah disiapkan panitia," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Gunawan Adnan MA PhD.

Gunawan juga mengingatkan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh peserta tes, sehingga ujian nantinya berjalan dengan lancar dan diperoleh hasil maksimal.

Fasilitas yang akan digunakan peserta saat mengikuti ujian, antara lain, laptop atau ponsel android dengan spesifikasi standar, jaringan internet dengan provider yang baik sesuai dengan lokasi masing-masing, dan teliti dalam melihat jadwal tes agar tidak terlewatkan.(dik)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved