Breaking News:

Disbudpar Aceh Apresiasi Daerah Peraih API Award 2020

Pariwisata Aceh kembali mendapat perhatian publik menyusul keberhasilan lima daerah, yakni Banda Aceh, Bener Meriah, Aceh Selatan

SERAMBINEWS/SDok Prokopim BM
Wakil Bupati Bener Meriah, Dailami bersama Wakil Ketua I DPRK Bener Meriah, Tgk Husnul Ilmi, dan Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bener Meriah, Irmansyah SSTP MSP, serta Agus Nurza menerima penghargaan API Award 2020 di Labuan Bajo, NTT, Kamis (20/5/2021) malam. 

BANDA ACEH - Pariwisata Aceh kembali mendapat perhatian publik menyusul keberhasilan lima daerah, yakni Banda Aceh, Bener Meriah, Aceh Selatan, Langsa, dan Aceh Tengah meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) V Tahun 2020, yang dilaksanakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (20/5/2021).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin menyebutkan, penghargaan yang diberikan kepada lima kabupaten/kota di Aceh pada malam API Award 2020 tersebut menjadi kesempatan dan momentum kebangkitan pariwisata  Serambi Mekkah pada masa krisis saat ini.

“Kami sangat bersyukur, mengingat sejumlah objek dan tujuan wisata di provinsi Aceh mendapat penghargaan di level nasional. Kita sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh rekan-rekan di daerah serta masyarakat Aceh untuk terus mendukung dan mempromosikan beragam atraksi pariwisata sehingga pariwisata Aceh bisa kembali bangkit di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini,” kata Jamaluddin, Jumat (21/5/2021).

Disebutkan, dari 7 nominasi yang berhasil dimenangkan, Kabupaten Aceh Tengah mendapatkan penghargaan juara 2 dalam kategori Destinasi Belanja Terpopuler untuk Kampung Kerawang Gayo Bebesen. Aceh Selatan berhasil menjuarai 2  kategori, yakni Rencong Batu sebagai Juara I kategori cendera mata terpopuler dan Surfing Samadua sebagai juara III kategori Wisata Air Terpopuler.

Kota Langsa dengan Rampoe Aceh berhasil meraih juara I kategori Atraksi Budaya Terpopuler, Kabupaten Bener Meriah dengan dua penghargaan yakni Kampung Damaran Baru Eco-Village sebagai juara pertama kategori Ekowisata Terpopuler dan Tugu Radio Rimba Raya juara II pada kategori Situs Sejarah. Terakhir Kota Banda Aceh dengan Museum Tsunami Aceh berhasil meraih juara I pada kategori Destinasi Wisata Unik Terpopuler.

“Penghargaan seperti ini juga tidak akan berhasil kita menangkan tanpa adanya usaha dan kerja keras dari para pelaku wisata, pengrajin dan masyarakat luas yang mempromosikan atraksi pariwisata Aceh pada setiap event nasional maupun internasional.” tandas Kepala Disbudpar Aceh itu.

Sementara Kabid Pemasaran, Teuku Hendra Faisal menyebutkan, API sendiri merupakan Ajang Pariwisata Terpopuler Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun oleh Ayo Jalan Jalan Indonesia, dimana kegiatan dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada obyek dan tujuan wisata terpopuler di Indonesia.

“Ajang apresiasi lewat pilihan masyarakat (people choice) ini secara langsung mengajak dan melibatkan peran serta seluruh elemen masyarakat daerah dari kabupaten, kota, hingga provinsi untuk bekerja bersama-sama memberikan apresiasi, serta menjadikan pariwisata daerahnya menjadi yang terbaik dan terpopuler dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara serta mancanegara,” tutupnya.(aji)

Editor: bakri
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved