Breaking News:

Keuchik Diminta Fungsikan Posko Covid-19 Gampong

Sekda Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi, meminta kepada para Kepala Desa (Keuchik) di wilayah itu agar kembali memfungsikan posko Covid-19 guna mencegah

Editor: bakri
DOK HUMAS ACEH BESAR
Drs Sulaimi MSi 

JANTHO - Sekda Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi, meminta kepada para Kepala Desa (Keuchik) di wilayah itu agar kembali memfungsikan posko Covid-19 guna mencegah penyebaran virus corona yang semakin meningkat di Aceh Besar.

"Wabah corona sudah semakin meningkat dan kita sudah perintahkan para camat agar perintahkan seluruh keuchik untuk mengaktifkan posko Covid-19 Gampong," katanya, Jumat (21/5/2021).

Dijelaskan, sebenarnya Posko Gampong sejak Januari 2021 sudah diaktifkan. Namun, karena virus Corona mulai turun sehingga pengawasan posko Covid-19 Gampong tak maksimal. Tetapi, kini virus corona semakin meningkat sehingga kembali diaktifkan mulai Mei 2021.

Menurut Sekda, petugas Satgas Covid-19 Kabupaten Aceh Besar bersama Satgas Covid-19 Kecamatan akan turun ke lapangan secara acak untuk mengecek Posko Covid-19 yang ada di Gampong-gampong yang tersebar di 23 kecamatan di Aceh Besar.

Ditambahkan, untuk pemberantas Covid-19, Pemkab Aceh Besar sudah mengalokasikan dana refocusing tahun ini mencapai Rp 58 miliar atau 8 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU). Dana ini sudah dialokasikan ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemkab Aceh Besar, seperti di RSU, Dinas Kesehatan Aceh Besar, Satpol PP, Disdikbud Aceh Besar, dan OPD lainnya.

"Anggaran cukup besar dialokasikan untuk pencegahan penyebaran virus corona di Aceh Besar. Jadi, masyarakat diharapkan dapat mematuhi Protkes Covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak fisik, mencuci tangan pakai sabun. "Mari kita budayakan tertib memakai masker guna memutus rantai penyebaran virus corona di pedesaan," ujar Sulaimi.

Sementara itu, secara terpisah Ketua Komisi V DPRK Aceh Besar,  Muhibuddin alias Ucok Sibreh, mengharapkan kepada masyarakat agar mematahui Protkes. Selain itu, apabila ada warga yang flu agar segera memeriksakan kesehatannya ke RSU atau Puskesmas terdekat untuk memastikan apakah penyakit yang kita derita positif Covid-19 atau tidak. Karena, vaksin Covid-19  yang selama ini dilakukan bukan berarti sudah terjamin dan terbebas orang tersebut dari virus corona.

Menurut Ketua DPD Golkar Aceh Besar itu, Dinkes perlu memberikan multi vitamin kepada masyarakat yang imun tubuhnya lemah dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap disiplin menjaga Protkes Covid-19 dan tidak perlu cemas dengan virus corona.  Tetapi, hadapilah corona dengan tetap mengikuti Protkes Covid-19.(as)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved