Breaking News:

Peserta Wajib Isolasi Mandiri 14 Hari Sebelum Ujian

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menerbitkan edaran mengenai prosedur pelaksanaan seleksi tes CPNS dengan protokol kesehatan

Editor: bakri
CAT.BKN.GO.ID
Simulasi CAT 

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menerbitkan edaran mengenai prosedur pelaksanaan seleksi tes CPNS dengan protokol kesehatan. Peraturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Kepala BKN Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Dalam edaran tersebut disampaikan bahwa peserta seleksi yang akan mengikuti ujian diharuskan melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

“Peserta seleksi dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 (empat belas) hari kalender sebelum pelaksanaan seleksi,” tulis aturan tersebut. Selain itu, peserta seleksi juga tidak diperkenankan untuk singgah di lokasi lain selama perjalanan menuju ke tempat seleksi. Peserta juga diharuskan untuk mengenakan masker yang menutupi hidung, mulut hingga dagu. Apabila memakai masker medis dan kain maka dianjurkan memakai masker kain 3 lapis.

Adapun saat berhadapan dengan banyak orang diharapkan peserta mengenakan pelindung wajah bersama masker sebagai perlindungan tambahan. Peraturan lainnya, peserta juga diharapkan untuk menjaga jarak minimal 1 meter, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Peserta juga diharuskan membawa alat tulis pribadi, dan melakukan pengukuran suhu.

Untuk yang bersuhu di atas 37,3 derajat celcius diberikan tanda khusus dan mereka akan mengikuti ujian di tempat terpisah dan diawasi petugas yang wajib memakai masker pelindung wajah. Adapun bagi peserta seleksi berasal dari wilayah berbeda dari lokasi ujian dengan mengikuti ketentuan protokol perjalanan yang ditetapkan pemerintah. Selain itu peserta seleksi diharuskan menunggu di dalam area seleksi untuk menghindari kerumunan.

Peserta yang positif Adapun bagi peserta yang terkonfirmasi positif Covid-19 nantinya tetap dapat mengikuti seleksi dengan ketentuan: Pertama, Peserta terkonfirmasi positif dan tengah isolasi diwajibkan melapor ke instansi yang dilamar, kemudian instansi bersurat ke BKN disertai surat rekomendasi dokter dan atau hasil swab PCR dan keterangan menjalani isolasi dari pejabat berwenang.

Kedua, Bagi peserta terkonfirmasi positif Covid-19 dan tidak sedang menjalani isolasi atau sudah menjalani isolasi, maka panitia seleksi instansi melaporkan ke tim pelaksana CAT BKN dan dibuatkan Berita Acara Peserta Terkonfirmasi Positif Covid-19.

Ketiga, Surat Panitia seleksi sebagaimana dimaksud angka 1 memuat permohonan agar peserta bisa dijadwalkan di akhir seleksi di lokasi tempat peserta mengikuti seleksi atau lokasi BKN terdekat.  Keempat, Nantinya BKN akan mengatur kembali peserta seleksi yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan sedang menjalani isolasi. (kompas.com)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved