Breaking News:

Covid-19 Renggut Nyawa Pasutri

Pasangan suami istri (pasutri) warga salah satu gampong di Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh, meninggal dunia setelah terkonfirmasi positif Covid-19

Editor: bakri
SERAMBI/HENDRI
Petugas kesehatan Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) membawa pasien, Jumat (21/5/2021). Manajemen RSUZA meniadakan jam berkunjung untuk keluarga pasien yang dirawat inap kecuali untuk satu orang pendamping sebagai upaya mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 yang meningkat di Provinsi Aceh.penularan Covid-19. 

BANDA ACEH - Pasangan suami istri (pasutri) warga salah satu gampong di Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh, meninggal dunia setelah terkonfirmasi positif Covid-19. Pasangan muda yang belum dikaruniai momongan tersebut meninggal dunia, setelah mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Banda Aceh.

Informasi yang diperoleh Serambi, sebelum dirawat di RSUD Meuraxa, pasutri berinisial Sy (30) dan istrinya NM (21) sempat pulang saat Hari Raya Idul Fitri 1442 H ke Aceh Selatan.

Sekembalinya ke Kota Banda Aceh, Sy merasakan sesak nafas, sehingga sempat mendapatkan perawatan di rumah, sebelum akhirnya dirawat di RSUD Meuraxa dan terkonfirmasi positif covid. Tidak berselang lama, NM pun terpaksa dirawat di rumah sakit yang sama, setelah merasakan gejala yang sama dan terkonfirmasi covid-19.

Camat Banda Raya, Faidian Faisal SSTP MSi yang dihubungi Serambi, Senin (24/5/2021) mengatakan, awalnya Sy, suami NM yang positif Covid dan mendapatkan perawatan di RSUD Meuraxa. Berselang beberapa hari kemudian, diikuti oleh istrinya NM yang juga positif virus Corona dan harus dirawat di rumah sakit yang sama.

Setelah beberapa hari mendapatkan perawatan di RSU Meuraxa, pada Jumat (21/5/2021), NM dilaporkan meninggal dunia dan langsung dikebumikan dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan (Protkes). Padahal sebelumnya, Sy yang pertama dinyatakan positif Covid. "Awalnya Sy, yang positif Covid dan mendapat perawatan di Rumah Sakit Meuraxa. Tidak berselang lama, NM juga dinyatakan positif Covid. Wanita itu duluan yang dikabarkan meninggal dunia," sebut Faudian.

Sementara Sy, yang dilaporkan sempat membaik, akhirnya juga menyusul istrinya NM yang sudah tiga hari lalu meninggal dunia. Sy meninggal pada Minggu (23/5/2021) sekitar pukul 19.00 WIB dan sudah dikebumikan mengikuti prosedur Protkes.

Meninggalnya pasutri Sy dan NM, menunjukkan kondisi penyebaran Covid-19 di Kota Banda Aceh sudah pada level mengkhawatirkan. Karena, itu Camat Faidian berharap kepada masyarakatnya, khususnya di Kecamatan Banda Raya, untuk meningkatkan protokol kesehatan.

Tetap mengenakan masker bila melakukan aktivitas di luar rumah, selalu mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi aktivitas di luar bila hal tersebut tidak begitu penting. Kebersamaan dan memiliki rasa tanggung jawab untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, harapnya juga harus menjadi tanggung jawab bersama. "Kami harapkan masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan, sehingga penularan dan penyebaran dapat diminimalisir. Kita doakan tidak ada lagi korban yang meninggal dunia, karena Covid dan kita berharap kondisi segera membaik dan kembali normal," pungkasnya.

Berdasarkan data Dinas kesehatan Kota Banda Aceh positif Covid-19 hingga Senin (24/5/2021) tercatat sudah sebanyak 110 orang meninggal dunia dari 3.067 orang yang terkonfirmasi covid. Lalu, sebanyak 253 orang dalam perawatan dan 2.704 dinyatakan sembuh.

Data positif Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh itu dihimpun dari seluruh kecamatan di Kota Banda Aceh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman SKM MKes mengharapkan, masyarakat untuk tetap selalu patuh dan taat terhadap protokol kesehatan dan imbauan pemerintah. Jangan pernah mengabaikannya, tetap selalu memakai masker bila berada di luar rumah, selalu mencuci tangan menggunakan sabu dari air yang mengalir, menghindari kerumunan serta mengurangi aktivitas di luar rumah bila hal itu tidak begitu penting.(mir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved