Breaking News:

Luar Negeri

Irlandia Satu-satunya Negara Eropa yang Dukung Palestina Merdeka, Kisah Perjuangan Jadi Alasannya

Irlandia adalah negara Uni Eropa pertama yang menggunakan frasa tersebut sehubungan dengan tindakan Israel di wilayah Palestina yang diduduki.

Editor: Faisal Zamzami
Tangkap layar foto Ben Kerckx / CC BY-SA 2.0 via 972mag.com
Ilustrasi solidaritas Irlandia untuk Palestina 

SERAMBINEWS.COM -- Parlemen Irlandia mengambil langkah yang berbeda dari negara-negara Eropa lainnya.

Irlandia memilih mengeluarkan mosi parlementer yang mengutuk "aneksasi de facto" atas tanah Palestina oleh otoritas Israel.

Mosi, yang diajukan oleh partai oposisi Sinn Fein, disahkan pada Rabu setelah menerima dukungan lintas partai, seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu (26/5/2021).

Irlandia adalah negara Uni Eropa pertama yang menggunakan frasa tersebut sehubungan dengan tindakan Israel di wilayah Palestina yang diduduki.

Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney mengatakan pada hari Selasa bahwa mosi "adalah sinyal yang jelas dari kedalaman perasaan di seluruh Irlandia".

“Skala, kecepatan, dan sifat strategis dari tindakan Israel pada perluasan pemukiman dan maksud di baliknya telah membawa kami ke titik di mana kami harus jujur ‚Äč‚Äčtentang apa yang sebenarnya terjadi di lapangan."

"Ini adalah aneksasi de facto,” kata Coveney, dari partai kanan-tengah Fine Gael, kepada parlemen.

Sebagian besar negara memandang permukiman yang dibangun Israel di wilayah yang direbut dalam perang 1967 sebagai ilegal dan sebagai penghalang perdamaian dengan Palestina.

Coveney, yang telah mewakili Irlandia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam perdebatan tentang Israel dalam beberapa pekan terakhir, bersikeras menambahkan kecaman atas serangan roket baru-baru ini terhadap Israel oleh kelompok Palestina Hamas sebelum dia menyetujui dukungan pemerintah untuk mosi tersebut.

Setelah pemungutan suara, pemimpin partai Sinn Fein Mary Lou MacDonald mengatakan di Twitter bahwa mosi "harus menandai konfrontasi baru yang tegas dan konsisten atas kejahatan Israel terhadap Palestina"

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved