Breaking News:

ISBI Aceh Tampil Memukau pada Dokan Art Festival #4 di Kabupaten Karo

Mahasiswa Program  Studi (Prodi) Seni Tari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh tampil memukau pada acara Dokan Art Festival #4

Penulis: Yarmen Dinamika | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Para mahasiswi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh tampil memukau dengan tarian Nge-bene dalam acara Dokan Art Festival #4 di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Festival tersebut berlangsung 25-27 Mei 2021 atas dukungan Rumah Karya Indonesia (RKI) 

Laporan Yarmen Dinamika | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Mahasiswa Program  Studi (Prodi) Seni Tari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh tampil memukau pada acara Dokan Art Festival #4 yang dilaksanakan di desa budaya Dokan, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut).

Acara yang berlangsung 25-27 Mei itu diusung oleh Rumah Karya Indonesia (RKI). 

Pada  event  tersebut, para mahasiswa ISBI Aceh menampilkan pertunjukan seni bertajuk “Nge-bene”.

Pergelaran ini menampilkan enam inong (perempuan) Aceh yang berbusana khusus dengan warna cerah.

Mereka  muncul ke pentas dengan gerakan dinamis dan ritmis.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Aceh Bertambah Lagi 260 Orang, Delapan Meninggal Dunia

Kepala Humas ISBI Aceh, Nurul Aflah Sikom kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Jumat (28/5/2021) malam menerangkan bahwa karya yang ditampilkan mahasiswa ISBI ini terinspirasi dari suatu kegiatan masyarakat Gayo ketika seorang ibu menasihati anak perempuannya yang hendak menikah.

“Nge-bene” dihadirkan dalam bentuk karya tari yang divisualisasikan dari adegan ratapan seorang ibu yang “kehilangan anak” karena pergi meninggalkannya untuk melanjutkan kehidupan baru di perantauan bersama sang suami.

Menurut Nurul Aflah, acara yang berlangsung dari tanggal 25 hingga  27  Mei 2021 itu diikuti oleh berbagai pekerja seni se-Sumbagut yang tanpa henti berkreasi, meski di masa pandemi. 

“Mereka berinisiatif menggelar pertunjukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat sesuai dengan anjuran pemerintah,” kata Nurul.

Baca juga: Pejabat Satpol PP Aceh Barat Ditikam, Begini Kronologisnya

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved