Breaking News:

Liga 1 Digelar dengan Sistem 6 Series

Liga 1 2021 tetap dipusatkan di Pulau Jawa dengan sistem kompetisi penuh. Kata Iwan Budianto, setiap klub akan melakukan pertandingan

IST
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bersama Sekjen PSSI, Yunus Nusi foto bersama Ketua Umum PSSI Aceh, Nazir Adam usai Kongres Tahunan PSSI di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (29/5/2021). 

JAKARTA - Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, memastikan Liga 1 2021 akan digelar dengan sistem series. Nantinya, Liga 1 2021 tetap dipusatkan di Pulau Jawa dengan sistem kompetisi penuh. Kata Iwan Budianto, setiap klub akan melakukan pertandingan dengan sistem home dan away. Konsep bubble ini juga sempat dilakukan seperti waktu bergulirnya Piala Menpora 2021.

“Liga 1 tetap dengan kompetisi penuh dan menggelar 306 pertandingan tapi sistemnya dibedakan. “Tapi karena jumlah pertandingan hampir 10 kali lipat Piala Menpora, maka kami menggunakan sistem series,” ucap Iwan Budianto kepada awak media termasuk BolaSport.com selepas Kongres Tahunan PSSI berakhir di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (29/5/2021).

Iwan Budianto mengatakan ada enam series yang akan digelar oleh PSSI. Series pertama digelar di Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Series kedua dihelat di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Series ketiga digelar di Jawa Timur.

Memasuki series keempat akan tetap digelar di Jawa Timur. Series kelima dilakukan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Adapun series keenam atau terakhir digelar di Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Nantinya setiap series mempunyai waktu satu setengah bulan untuk menggulirkan pertandingan. “Ada 1,5 bulan bagi klub untuk menggulirkan pertandingan dalam satu kota di beberapa stadion.”

“Setelah series berakhir, mereka akan kembali ke kampung halaman klubnya untuk berlatih bersama mengulangkan kejenuhan selama satu bulan. “Setelah itu mereka melanjutkan pertandingan lagi di series selanjutnya,” ucap Iwan Budianto. Lebih lanjut, Iwan Budianto mengatakan, bahwa kick off Liga 1 akan digelar pada 10 Juli 2021. Ini sedikit mundur dari keinginan PSSI yang mau menggulirkan Liga 1 pada 3 atau 7 Juli 2021. “Kick off ini diundur sambil menunggu pertandingan teman- teman kita (Bali United dan Persipura Jayapura) di Piala AFC. Untuk selesainya, kami masih menargetkan pada Maret 2022,” ucapnya menambahkan.

Sementara itu, untuk Liga 2, Iwan Budianto menjelaskan bahwa kompetisi tersebut akan dibagi ke empat kota. Untuk nama-nama kotanya, Iwan Budianto belum mau menyebut. “Kalau Liga 2 kurang lebih sama, hanya bedanya tahun lalu kan dibagi ke dua grup, nah sekarang empat grup. Masing-masing grup diisi oleh enam klub. Sistemnya sama kurang lebih kayak Liga 1. Detailnya bisa tanya ke PT LIB,” tutup Iwan Budianto.(*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved