Breaking News:

Larissa Chou Gugat Cerai Alvin Faiz

Jika Penggugat Tak Hadir, Pengadilan Agama Bisa Gugurkan Gugatan Cerai Alvin Faiz dan Larissa Chou

Staf Humas Pengadilan Agama Cibinong, Qomaru Zaman mengatakan, tak menutup kemungkinan gugatan cerai Larissa Chou terhadap Alvin Faiz bisa gugur...

Instagram @alvin_411
Alvin Faiz, Larissa Chou, dan buah hatinya, Yusuf Alvin Ramadhan. 

SERAMBINEWS.COM - Larissa Chou dan Alvin Faiz tak kunjung hadir di sidang perdana gugatan cerai yang digelar di Pengadilan Agama Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/6/2021).

Sidang tersebut beragendakan mediasi, yang harus didatangi oleh kedua belah pihak.

Staf Humas Pengadilan Agama Cibinong, Qomaru Zaman mengatakan, tak menutup kemungkinan gugatan cerai Larissa Chou terhadap Alvin Faiz bisa gugur apabila tak kunjung hadir dalam persidangan.

"Bisa (gugur), dalam HIR 124 bisa, kalau tidak hadir, bisa digugurkan," ujar Qomaru saat Grid.ID temui

Dalam Pasal 124 Het Herziene Indonesisch Reglement (HIR) itu berbunyi,

"Jika penggugat tidak datang menghadap Pengadilan pada hari yang ditentukan itu, meskipun ia dipanggil dengan patut, atau tidak pula menyuruh orang lain menghadap mewakilinya, maka surat gugatannya dianggap gugur dan penggugat dihukum biaya perkara, akan tetapi Penggugat berhak memasukan gugatannya sekali lagi, sesudah membayar lebih dahulu biaya perkara yang tersebut tadi."

Meski begitu jika keduanya tidak hadir dalam sidang perdana cerai, pihak PA Cibinong memberikan kesempatan untuk Alvin dan Larissa untuk hadir pada sidang selanjutnya.

"Agenda sidang perdana mediasi itu ketentuannya pasti itu. Kalau seandainya penggugat datang tergugat nggak hadir maka sidang keduanya tergugat terus kita undang sampai keduanya hadir baru ada mediasi," ucap Qomaru.

Tetapi menurutnya keputusan itu ada di tangan Majelis Hakim.

Akan tetapi, biasanya, gugatan cerai digugurkan jika dua kali pemanggilan secara patut namun penggugat tak hadir dan tak mengirimkan wakilnya untuk datang ke persidangan.

Halaman
12
Editor: Eddy Fitriadi
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved