Breaking News:

Video

VIDEO - Pembongkaran Gereja Ilegal di Kebun Wanita Muslim Bosnia

Dia kembali ke desanya pada tahun 1999 setelah perang usai dan melihat sebuah gereja telah dibangun di atas tanah kebunnya.

SERAMBINEWS.COM, BOSNIA - Pada Sabtu (5/6/2021) dimulai penghancuran sebuah gereja ilegal di taman seorang wanita Muslim Bosnia.

Fata Orlovic, wanita Bosnia berusia 77 tahun, telah berjuang selama bertahun-tahun untuk memindahkan gereja Ortodoks yang dibangun secara ilegal di kebunnya oleh orang-orang Serbia selama Perang Bosnia antara tahun 1992 dan 1995.

Pada tahun 2019, Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa (ECHR) memerintahkan negara bagian Bosnia dan Herzegovina untuk menghancurkan gereja yang tidak sah di kebunnya.

Orlovic yang tinggal bersama suami dan 7 anaknya di Konjevic Polje dekat Srebrenica. Dia kehilangan 22 orang kerabat termasuk suaminya Sacir selama perang berkecamuk.

Hidup sebagai pengungsi di berbagai bagian negara namun tidak meninggalkan tanah kelahirannya. Sedangkan semua anaknya tinggal di AS.

Dia kembali ke desanya pada tahun 1999 setelah perang usai dan melihat sebuah gereja telah dibangun di atas tanah kebunnya.

Orlovic mengajukan gugatan penghapusan gereja dan menolak uang kompensasi agar mencabut gugatannya.

Dia memenangkan gugatannya meski memakan waktu selama 11 tahun pada tahun 2010, namun keputusan pengadilan tidak pernah dilakukan.

Pengadilan Bijeljina telah memutuskan agar gereja dibongkar, tetapi Mahkamah Agung Republik Srpska (RS), salah satu dari dua entitas negara, menangguhkan putusan tersebut.(Anadolu Agency)

Baca juga: VIDEO Perayaan Idul Fitri 1442 H di Masjid Al Latif Perth Australia, Bekas Gereja yang Dibeli Aa Gym

Baca juga: Sosok Manuel Musallam, Pastor Katolik yang Ucapan: Jika Masjidmu Dibom Israel, Azan di Gereja Kami

Penulis: yuhendra saputra
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved