Breaking News:

Dinsos Aceh Serahkan Fitria Ningsi ke Pihak Keluarga di NTB

Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial (Dinsos) memulangkan Fitria Ningsi (23) dan dua anak perempuannya kepada orang tuanya di Kelurahan Bada

Dinsos Aceh Serahkan Fitria Ningsi ke Pihak Keluarga di NTB
_DINSOS ACEH
Fitria Ningsi bersama dua anaknya berkumpul bersama keluarganya di Kelurahan Bada Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial (Dinsos) memulangkan Fitria Ningsi (23) dan dua anak perempuannya kepada orang tuanya di Kelurahan Bada Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Fitria Ningsi sebelumnya sempat terlantar di Kabupaten Bireuen. Warga asal NTB ini telah lama menikah dengan pria Aceh Tamiang. Namun dalam perjalanan, karena kesalahpahaman membuat Ningsi dan dua anaknya terlantar.

Dinsos kemudian berinisiatif memulangkan Ningsi kepada orang tuanya. Didampingi pekerja sosial Aceh, Ningsi dan dua putrinya berangkat pada 30 Mei 2021 dengan tujuan Banda Aceh-Jakarta, dan pada Minggu (31/5/2021) meneruskan penerbangan ke Mataram (NTB).

Pekerja sosial Aceh, Chairunisa, Rabu (2/6/2021) melaporkan, untuk sampai ke Kelurahan Bada Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, mereka harus menempuh sekitar 5 jam penerbangan. Kemudian dari Bandara Mataram menuju ke tempat asal Fitria, perjalanan ditempuh mencapai 14 jam, melalui darat dan udara. Kedatangan mereka disambut oleh tim Dinsos NTB.

“Setelah istirahat, kami semua melanjut perjalanan menuju Kabupaten Dompu. Tiba disana sekitar pukul 2.50 WITA, tim dari Dinsos Kabupaten Dompu bersama kami semua langsung melakukan penyerahan Fitria Ningsi bersama dua anaknya Nazira Syakila (5) dan Rauzatul Husna (2,5) ke pihak keluarga yang disambut oleh ibu dan abang kandung Fitria Ningsi,” ceritakan Chairunnisa.

Dia menyebutkan, Dinsos Aceh selain membantu biaya pemulangan, juga membantu penyelesaian hak identitas. “Mereka juga akan mendaftarkan keluarga ini dalam Data Terpadu Kesejahteraan (DTKS). Sehingga kedepan akan mudah dalam pengurusan bantuan sosial dari pemerintah,” ungkap Nisa.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Aceh Dr Yusrizal mengucapkan, terima kasih kepada pihak Dinas Sosial Provinsi NTB, Dinsos Kabupaten Dompu dan para pekerja Sosial di sana serta para pihak yang terlibat dalam proses pendampingan dari NTB hingga ke kediaman keluarga Fitria Ningsi.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada Dinsos Bireuen yang telah meringankan beban saudari kami bersama dua anaknya sehingga Fitria Ningsi bisa melalui masa sulit saat ditelantarkan oleh suaminya,” ucap Yusrizal.

Hadir saat menyambut kepulangan Fitria Ningsi bersama anaknya adalah Kadis Sosial Dinsos Prov NTB, H Ahsanul Khalik SSos MH yang diwakil oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Hj Gustini Widijaningsih SSos MPd, Armansyah AKs MH Kasi RSTS KPO, Armansyah AKs MM Kasi Anak dan Lanjut Usia, Arif Budi Saputera SST Supervisor Sakti Peksos Perlindungan Anak NTB, Chairunnisa SST Pekerja Sosial Dinas Sosial Aceh.(*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved