Breaking News:

Berita Banda Aceh

Dongkrak UMKM, Rumah Dedikasi Keumatan Sosialisasikan Program Integrasi Ekosistem Ultra Mikro

Rumah Dedikasi Keumatan (RDK) mengandeng PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan PT Pengadaian untuk melakukan sosialisasi integrasi ekosistem ultra

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Peserta sedang mendengarkan paparan narasumber pada kegiatan sosialisasi integrasi ekosistem ultra mikro yang digelar di Hotel Permata Hati, Banda Aceh, Sabtu (5/6/2021) 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Dalam upaya memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Rumah Dedikasi Keumatan (RDK) mengandeng PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan PT Pengadaian untuk melakukan sosialisasi integrasi ekosistem ultra mikro.

Kegiatan yang digelar di Hotel Permata Hati, Banda Aceh, Sabtu (5/6/2021), menghadirkan tiga pembicara yaitu Deputy Bisnis PT Pengadaian Area Banda Aceh Ferry Hariawan, Anggota Komisi VI DPR RI Rafly, dan Kepala PT PNM Aceh Muhammad Wazir.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan tersebut selaras dengan upaya pemerintah dalam memajukan UMKM untuk sektor ultramikro yang diperkirakan akan mampu mendorong pembentukan sentra usaha baru di luar  Pulau Jawa.

Baca juga: Sekretaris DPW NasDem Aceh Pastikan Isu Pergantian Ketua Partai Tidak Benar

Rencananya, pemerintah akan mengintegrasikan tiga entitas BUMN, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM ke dalam holding ultramikro.

Integrasi ekosistem ultramikro dari tiga BUMN tersebut saat ini dalam proses persiapan, termasuk peraturan pemerintah (PP) yang akan menjadi payung hukum pembentukan holding.

Ketua Umum Rumah Dedikasi Keumatan (RDK) Muntahar menyebutkan, pelaku usaha ultra mikro dan UMKM merupakan sektor strategis yang menjadi tulang punggung dalam pemulihan ekonomi nasional. Mereka harus diselamatkan dari dampak pandemi Covid-19.

“Harapannya melalui kegiatan ini dapat terus bersinergi demi kepentingan para pelaku UMKM dan sektor lainnya.

Kegiatan ini penting kita lakukan untuk memberikan informasi untuk masyarakat terkait salah satu solusi yang diberikan pemerintah melalui BUMN di tengah masa pendemi agar mendapat akses palayanan,” kata Muntahar.

Baca juga: Ingrid Kansil Lantik Pengurus IPEMI Aceh yang Diketuai Tati Meutia Asmara

Sementara Anggota Komisi VI DPR RI Rafly dalam sambutan virtualnya mengatakan, saat ini jumlah UMKM yang ada di Indonesia berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UMKM mencapai angka 64 juta lebih.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved