Breaking News:

Euro 2020, Momentum Kante Jadi Pemain Terbaik

SELAIN penghargaan sepatu emas untuk pencetak gol terbanyak, Euro 2020 juga selalu menyediakan penghargaan untuk pemain terbaik

REYHANESA PUTRA/BOLASPORT.COM
Foto ilustrasi Euro 2020. 

SELAIN penghargaan sepatu emas untuk pencetak gol terbanyak, Euro 2020 juga selalu menyediakan penghargaan untuk pemain terbaik. Pada Euro 2016 lalu, pemain Prancis, Antoine Griezmann, berhasil merebut penghargaan pemain terbaik sekaligus merebut sepatu emas. Pada saat itu, Portugal yang keluar sebagai juara. Sedangkan pada 2012, Andres Iniesta, yang menjadi pemain terbaik pada saat Spanyol menjadi juaranya. Gelar pemain terbaik juga direbut pemain Spanyol, Xavi pada Euro 2008.

Siap pemain terbaik pada Euro 2020? Ada beberapa pemain yang potensial untuk meraih penghargaan ini berdasarkan performa pemain dalam satu musim terakhir. Salah satunya adalah N'Golo Kante. Pemain berusia 30 asal Prancis ini sudah meraih penghargaan sebagai MVP di ajang final Liga Champions bersama Chelsea.

Dia selalu tampil konsisten. Tidak hanya terbaik di laga final Liga Champions, Kante juga menjadi pemain terbaik di laga semifinal leg pertama dan leg kedua. Bahkan, pada leg kedua babak 16 besar dia juga menjadi 'man of the match'. Jika Prancis menorehkan sukses di Euro 2020 ini, sangat terbuka bagi Kante untuk meraih penghargaan sebagai pemain terbaik.

Bahkan bukan hanya menjadi pemain terbaik di Kejuaraan Euro saja, jika Prancis sukses menjadi juara di panggung kejuaraan Eropa ini maka Kante dinilai oleh banyak penggemar dan pengamat sepak bola sebagai pemain yang berhak meraih penghargaan Ballon d'Or. Kante yang pernah membawa Prancis jadi juara dunia itu telah sembuh dari masalah paha. Dia adalah mesin tim Chelsea, dan akan beralih menjadi mesin tim Les Bleus selama Euro 2020.

Selain Kante, pemain Prancis lain yang disebut-sebut berpeluang meraih penghargaan pemain terbaik Euro 2020 adalah Kylian Mbappe. Mbappe sebelumnya sudah memenangkan Sepatu Emas Ligue 1 untuk musim ketiga berturut-turut. Dia menyelesaikan musim ini dengan 27 gol. Total, dia telah mencetak 162 gol dalam 234 penampilan dalam kariernya di klub Monaco dan PSG. Di panggung internasional, Mbappe sudah mencetak 16 gol dalam 42 pertandingan. Dia baru berusia 22 tahun dan telah mencetak gol di final Piala Dunia.

Euro 2020 ini juga menjadi kesempatan bagi gelandang Belgia, Kevin de Bruyne, untuk menjadi pemain terbaik. Namun sayang, kondisi fisiknya kurang mendukung setelah dia sempat cedera patah tulang hidung usai tabrakan dengan bek Chelsea, Antonio Rudiger di final Liga Champions. Padahal, sepanjang musim ini pemain yang itu telah menunjukkan performa sebagai pesepak bola yang punya kemampuan lengkap.

Gelandang Manchester City itu bisa dibilang sebagai pesepakbola dengan kemampuan brilian. Dengan bakat dan tekniknya bermain, De Bruyne biasa tampil penuh kreativitas, kecepatan, dan kekuatan. Selain mencetak cukup banyak gol, dia juga banyak menyuplai umpan-umpan matang. Pada 2019-2020, ia menyamai rekor assist sepanjang masa Thierry Henry di musim Liga Premier dengan 20 asis.

Setelah Kevin de Bruyne, ada Robert Lewandowski yang berpeluang menjadi pemain terbaik di Euro 2020. Dia adalah penyerang terbaik dunia saat ini. Tidak ada yang memperdebatkan hal itu. Striker Polandia itu selalu tampil bagus, dia membawa permainannya ke rekor tertinggi pada 2020/2021 dalam membantu Bayern Muenchen mempertahankan gelar juara Bundesliga. Dalam 29 penampilan di Bundesliga, Lewandowski telah mencetak 41 gol. Belum pernah ada pemain dalam sejarah Bundesliga yang berhasil mencetak gol lebih banyak dari dia dalam satu musim.

Pemain berikutnya yang berpeluang menjadi yang terbaik adalah Cristiano Ronaldo. Dia mulai bersaing di Euro 2020 ini dalam performa yang membara. Meski Juventus gagal mempertahankan mahkota juara Serie A, tapi Ronaldo telah mencetak 29 gol dan berhasil mengamankan Capocannoniere (penghargaan pencetak gol terbanyak di Serie A Italia) pertamanya.

Ronaldo juga sedang mengincar sejumlah rekor dunia yang akan dipecahkan di Euro ini. Ada enam rekor yang berpeluang dipecahkan. Salah satunya, rekor pencetak gol terbanyak untuk timnas yang kini dipegang legenda Iran, Ali Daei dengan 109 gol. Ronaldo telah mencetak 103 gol untuk Portugal, dan butuh enam gol lagi akan menyamai rekor tersebut. Selain itu, masih ada beberapa pemain lain yang punya kans menjadi yang terbaik di Eropa, termasuk Harry Kane (Inggris), Romelu Lukaku (Belgia), dan Bruno Fernandes (Portugal). (tribunnews/mba)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved