Breaking News:

Berita Gayo Lues

Harga Bawang Merah Turun di Gayo Lues, Hanya Segini Harganya

Harga bawang merah di Gayo Lues anjlok, sehingga sejumlah petani bawang masih enggan melakukan panen.

Serambinews.com
Bawang merah hasil panen petani Gayo Lues. 

Laporan Rasidan | Gayo Lues

SERAMBINEW.COM, BLANGKEJEREN - Harga Bawang Merah di kabupaten Gayo Lues (Galus) dalam dua minggu terakhir ini dilaporkan mengalami turun, sehingga sejumlah petani bawang masih enggan melakukan panen. Kendati tanaman itu sudah siap dilakukan panen.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Serambinews.com, Minggu (6/6/2021), harga Bawang Merah saat ini di kabupaten itu sedang mengalami turun, sehingga banyak petani yang memasuki musim panen itu mengeluhkannya. 

"Harga bawang merah untuk kelas atau kategori super saat ini hanya ditampung para agen penampung hasil  bumi dan rempah-rempah itu seharga Rp 15.000 per kilogram, harga tersebut mengalami turun dari harga sebelumnya yang sempat bertahan pada harga Rp 23.000 hingga Rp 25.000 per kilogram," kata Jamaluddin dibenarkan petani bawang merah lainnya, kepada Serambinews.com, Minggu (6/6/2021).

Petani itu mengaku, tanaman bawang merah dalam setahun terakhir ini, sudah menjadi  salah satu komoditi unggulan baru  di kabupaten tersebut,  bahkan mayoritas dikembangkan dan ditanam diarea persawahan yang produktif dijadikan sebagai kebun yang beralih dari tanaman padi, karena tanaman tersebut kesannya sangat menjanjikan.

"Hampir setiap akhir pekan, banyak petani bawang merah melakukan panen selama ini, namun saat ini sangat disayangkan harganya lagi turun dan merosot dari hari sebelumnya,"sebutnya.

Secara terpisah, salah satu agen penampungan mengatakan, harga bawang merah di kabupaten itu turun, salah satu faktor bawang merah di kabupaten lain di Aceh serta di Medan dikabarkan sedang banjir dipajak dan dipasaran yang masuk atau diimpor dari luar. Sehingga harga bawang merah lokal yang selama ini dikirim dan dipasok ke Medan maupun ke Aceh terjadi anjlok.

"Ini bukan permainan agen penampungan, nyatanya harga bawang merah dipasaran lagi turun dan anjlok dari harga sebelumnya, bahkan permintaan juga menurun," sebutnya.(*)

Penulis: Rasidan
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved