Breaking News:

Pengembalian Uang Haji

Hanya 10 Persen Jamaah Haji Khusus yang Minta Dikembalikan Uang Haji

Adanya permintaan pengembalian dana haji sejalan dengan putusan pemerintah yang membatalkan keberangkatan jemaah Indonesia pada penyelenggaraan...

Editor: Eddy Fitriadi
AFP/HO/SAUDI MINISTRY OF MEDIA
Umat Muslim mengitari Kabah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). 

SERAMBINEWS.COM - Sekertaris Jendral Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah (SATHU) Artha Hanif, menghitung tidak lebih dari 10 persen jamaah haji khusus yang ingin dikembalikan uang hajinya.

Total 10% tersebut terhitung dari jumlah yang sudah membayar sekitar 15.200 jamaah haji khusus.

"Umumnya tidak banyak yang meminta kembali dananya, jemaah lebih berharap mendapat prioritas kuota case," kata Artha saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (10/6/2021).

Adanya permintaan pengembalian dana haji sejalan dengan putusan pemerintah yang membatalkan keberangkatan jemaah Indonesia pada penyelenggaraan haji 1442 H/2021 M.

Pembatalan ini diumumkan Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 3 Juni 2021.

Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Ramadan Harisman mengatakan, sampai hari ini, ada 25 jamaah haji khusus yang telah mengajukan pengembalian dana hajinya,"dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (10/6/2021).

Lebih lanjut, Ramdan menjelaskan jamaah yang telah mengajukan pengembalian pelunasan ini langsung kami proses untuk diajukan ke Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) agar bisa ditindaklanjuti sesuai alur yang sudah ditetapkan.

Pengembalian dana haji ini secara ketentuan dapat diambil kurang lebih sembilan hari sampai dana jemaah ditransfer ke rekening masing-masing.

Umumnya, Kata Artha, jamaah haji lebih menyukai paket haji khusus dengan harga US$ 8.500-10.000 atau sekitar Rp 142 juta.

"Kebanyakan yang ambil itu sekitar US$ 10.000, ada juga yang paling mahal bisa di atas US$ 25.000", jelas Artha.(*)

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul ‘Sekjen SATHU: Hanya 10% jamaah haji khusus yang minta dikembalikan uang hajinya'

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved