Breaking News:

Info Aceh Timur

Aceh Timur Sambut Baik Penanaman Padi 1P 300 Perdana

Penanaman padi yang dilaksanakan 2-3 kali setahun ini telah berdampak pada meningkatnya produksi padi.

Dok Kominfo Aceh Timur
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Ir Cut Huzaiman, menyerahkan bibit Padi kepada Asisten ll Bidang Ekonomi dan Pembangunan pada Setdakab Aceh Timur, Aiyub, di Kecamatan Peureulak, Aceh Timur, Kamis (10/6/2021). 

Laporan Seni Hendri Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI – Pemkab Aceh Timur, menyambut baik penanaman padi IP 300 perdana di Aceh Timur, yang dilaksanakan Kamis (10/6/2021) di Desa Paya Meuligo, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur.

“Kita ikut andil dalam rangka menjaga stabilitas pangan secara nasional dan khususnya di wilayah Kabupaten Aceh Timur,” ujar Bupati Aceh Timur, dalam sambutannya diwakili oleh Asisten ll  Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Timur, Aiyub, SKM, MSi  saat penanaman perdana padi IP 300 di Desa Paya Meuligo, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur, Kamis (10/6/2021).

Ia menyebutkan, Pemkab Aceh Timur sangat bangga karena setiap tahunnya para petani di seluruh wilayah Aceh Timur berhasil megelola lahan pertanian dengan baik, ditandai dengan musim tanam padi yang dilaksanakan 2-3 kali tanam setahun yang berdampak pada peningkatnya produksi padi.

Saat ini, jelas Aiyub, beberapa wilayah Aceh Timur sedang melaksanakan panen padi seluas 10.798 Ha. Hasil produksi pada Januari hingga April sebanyak 62.088,5 ton. Jenis padi sawah sudah ditanam seluas 10.600 Ha.

Khusus untuk wilayah Kecamatan Peureulak, luas lahan baku sawah 2420 Ha, dan sawah yang menggunakan sistem irigasi pompanisasi 1263 Ha, irigasi desa seluas 100 Ha. Sisanya 1057 Ha merupakan sawah tadah hujan.  

“Pada tahun ini Kecamatan Peureulak mendapat alokasi bantuan padi IP 300 yang bersumber dari dana APBA. Pada IP 300 ini spesifikasi di lahan sawah irigasi/pompanisasi. Sebelumnya di Kecamatan Peureulak indeks pertanaman 2,5 dengan produtivitas 6 ton/Ha. Diharapkan dengan IP 300 ini dapat menaikkan produktivitas menjadi 7 ton/Ha dengan satu musim tanam 3 kali,” harap Asisten ll.

Baca juga: VIDEO Air Terjun Tamsar 27 Objek Wisata Tersembunyi di Pedalaman Aceh Tamiang

Baca juga: Rincian 322 Formasi CPNS 2021 di Kemenlu, Mau Jadi Diplomat? Ini Kualifikasi Pendidikan yang Diminta

Baca juga: Kios Nakal Salurkan Sembako E-Warung akan Ditindak, Warga Lapor ke Dinsos Jangan ke Medsos

Baca juga: Detik-detik Istri Kepergok Suami Sah Sedang Main dengan Pria Lain, Selingkuhan Tewas Ditikam

Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh Timur, Drh Muhammad Mahdi, mengatakan, tahun 2021 ini Aceh Timur, mendapatkan alokasi kegiatan padi IP 300 yang bersumber dari dana APBA untuk lahan spesifikasi yaitu untuk 10 desa, meliputi, Desa Uteun Dama, Cek Mbon, Tualang, Punti, Lubuk Pempeng, Blang Simpo, Tanoh Rata, Paya Meuligoe, Bandrong, dan Desa Paya Kaluy.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Ir. Cut Huzaiman, mengatakan Pemerintah Aceh melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan tahun ini menargetkan produksi padi 2,03 ton atau setara 1,28 juta ton beras.(*)

Penulis: Seni Hendri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved