Breaking News:

Dekranasda Kota Langsa Bina 3 Kelompok Pengrajin Tikar Pandan Gampong Cinta Raja

Dewan Kerajinan Na-sional Daerah (Dekranasda) Kota Langsa melakukan pembinaan kelompok pengrajin tikar pandan di Gampong Cinta Raja

Humas Pemko Langsa   
Wakil Ketua Dekranasda Kota Langsa, Ny Nurhanifah Yatim, A.MK, saat menyerahkan uang pembinaan kepada kelompok perajin tikar pandan anyaman. 

LANGSA – Dewan Kerajinan Na-sional Daerah (Dekranasda) Kota Langsa melakukan pembinaan kelompok pengrajin tikar pandan di Gampong Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur, Kamis (10/6/2021).

Acara ini dihadiri oleh Tim Dekranasda Kota Langsa, Dis-perindagkop & UKM, dan tokoh masyarakat Gampong Cinta Raja, dan diikuti oleh para pengrajin tikar anyaman sebanyak tiga kelompok pengrajin.Tiga kelompok pengrajin terse-but nantinya akan diikutsertakan pada perlombaan kerajinan tingkat Provinsi Aceh.

Wakil Ketua Dekranasda Kota Langsa, Ny. Nurhanifah Yatim, A.MK, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meninjau kelom-pok pengrajin yang akan dibina secara khusus oleh Dekranasda Kota Langsa.“Hari ini kami turun langsung ke Gampong Cinta Raja untuk meninjau tiga kelompok pengrajin anyaman tikar pandan yang ada disini,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pantauan pihaknya, tambah Ny. Nurhanifah, selama ini pengrajin di Gampong Cinta Raja ini sangat aktif, sehingga selanjutnya akan dibina oleh Dekra-nasda Langsa.“Pembinaan ini sekaligus se-bagai persiapan ketiga kelompok pengrajin untuk diikut sertakan pada perlombaan dekranasda tingkat provinsi,” jelas Nuhanifah.

Menurutnya lagi, dalam pembinaan ini ia berharap para pengrajin dapat lebih kompak dan berpartisi-pasi sehingga dapat menorehkan prestasi di tingkat Provinsi.Nurhanifah istri Wakil Wali Kota Langsa ini berharap Kota Langsa dapat mengembangkan lagi kegia-tan-kegiatan kelompok pengrajin untuk menghasilkan berbagai produk unggulan daerah ini. “Saya minta jangan terpaku hanya di satu kerajinan saja, namun supaya dapat dikembangkan lagi ke kerajinan-kerajinan lainnya seperti kerajinan tas, sendal, tempat tisue, dompet dan sebagainya,” paparnya.

Wakil Sekretaris Dekranasda Kota Langsa, Syarifah Syamrah, menyampaikan harapan agar para pengrajin dapat lebih kreatif dan produktif dalam mengembangkan hasil kerajinannya.“Kami mengucapkan selamat atas terpilihnya Gampong Cinta Raja mewakili Kota Langsa dalam per-lombaan desa kerajinan di Tingkat Provinsi Aceh,” sebutnya. Dia menerangkan, dari 66 Gampong ada di Kota Langsa, kelompok pengrajin Gampong Cinta Raja ini yang terpilih. Saat itu Dekranasda member-ikan dana bantuan pembinaan se-besar Rp 5.000.000, bagi kelompok pengrajin tikar pandan di Gampong Cinta Raja ini.

Ia mengatakan ini patut disyuku-ri, maka mari membuktikan rasa syukur tersebut dengan mengerjakan kegiatan ini dengan penuh kesunggu-han dan lebih produktif lagi.“Kami beserta perangkat gam-pong akan senantiasa mendukung penuh, agar apa yang kita cita-ci-takan bersama dapat tercapai, dan InsyaAllah dapat menorehkan prestasi yang membanggakan bagi Kota Langsa,” tutup Syarifah. (*/zb)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved