Breaking News:

Italia vs Turki, Duel Tim Jago Bertahan

DUA tim yang dikenal sama-sama jago bertahan, Italia dan Turki akan bertarung dalam laga pembuka Euro 2020 di Stadion Olimpico, Roma

Italia vs Turki, Duel Tim Jago Bertahan
FOR SERAMBINEWS.COM

DUA tim yang dikenal sama-sama jago bertahan, Italia dan Turki akan bertarung dalam laga pembuka Euro 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB nanti. Sejak ditangani Roberto Mancini pada Mei 2018, tim Azzurri menjelma jadi tim yang tangguh. Pada babak kualifikasi Euro, Mancini membawa Italia tampil luar biasa dengan menyapu bersih sepuluh kemenangan.

Rekor gol dan kebobolan mereka pun menawan. Dari 10 laga itu, Italia mampu mencetak 35 gol dan gawang Gianluigi Donnarruma juga hanya kebobolan empat kali. Italia pun mencatatkan rekor 27 laga tak terkalahkan sejak akhir 2018 lalu. Dalam uji coba terakhir menjelang Euro 2020 pada Jumat (4/6/2021), Azzurri menggilas Republik Ceko empat gol tanpa balas.

Italia bermaterikan para pemain berpengalaman diramu dengan pemain muda bertalenta. Di lini pertahanan, Mancini masih mempertahankan duet bek tengah Georgio Chiellini dan Leonardo Bonucci, dengan dukungan Alessandro Florenzi dan Emerson Palmieri di sisi sayap.

Di lini tengah, dia akan mengandalkan Jorginho dan Manuel Locatelli sementara Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne menjadi tumpuan di lini depan bersama dengan Federico Chiesa atau Bernardeschi.

Satu yang harus digarisbawahi, kualitas Italia masih belum sepenuhnya teruji. Mayoritas mereka menang melawan tim kasta kedua seperti Yunani, Bosnia, dan Irlandia Utara. Sedang melawan tim besar, Azzurri tercatat hanya pernah menang 1-0 atas Belanda pada ajang UEFA Nations League tahun lalu.

Menariknya, dalam laga pembuka ini, Italia akan ditantang oleh Turki, yang performanya sedang menanjak. Skuat asuhan Senol Gunes ini lolos ke putaran final sebagai runner-up Grup H, di bawah Prancis. Mereka mengantongi catatan tujuh kemenangan, dua kali imbang ,dan satu kali kalah pada babak kualifikasi. Satu-satunya kekalahan diderita saat bertandang ke kandang Islandia, 1-2. Cuaca ekstrem di sana membuat tim berjuluk "Bulan Bintang" ini akhirnya bertekuk lutut.

Turki juga memiliki catatan apik karena hanya kebobolan tiga gol dan memasukkan 18 gol dari 10 laga. Bahkan, tim sekelas Prancis yang notabene juara Dunia 2018 pun takluk 0-2 pada pertemuan pertama. Pada pertemuan kedua di Paris, mereka pun menahan imbang Les Bleus, 1-1.

Kejutan Turki terus berlanjut.  Pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2022, Maret lalu, mereka membuat kejutan dengan menumbangkan tim kuat lainnya, Belanda, 4-2. Tahun ini, Turki belum terkalahkan dengan rekor empat kemenangan dan dua kali imbang.

Lini pertahanan Turki menjadi modal utama mereka. Hal itu di antaranya ditunjang oleh kehadiran Caglar Soyunco. Bek Leicester City ini menjadi pemimpin alamiah di tembok pertahanan Turki yang dijaga empat bek. Kuat dalam duel udara, berusia 25 tahun ini juga sulit dilewati lawan, dan rajin mendistribusikan bola dari belakang. Dia biasa dibantu Bek Juventus, Merih Demiral, atau bek Liverpool, Ozak Kaban, dengan dua fullback yakni Mehmet Zeki Celik (Lille), dan Umut Meras (Le Havre).

Turki biasa mengandalkan serangan balik. Serangan biasanya dialirkan oleh Hakan Calhanoglu, dengan Burak Yilmaz sebagai ujung tombak. Striker 35 tahun ini menjadi ancaman utama karena sangat efisien di depan gawang. Dia menjadi motor utama yang membawa klubnya, Lile, menjuarai Ligue 1 Prancis dengan sumbangan 16 gol, dan lima assists dari 28 laga.

Jelas, Italia tak bisa memandang remeh lawannya di laga pembuka ini. "Turki adalah tim kuat karena para pemainnya bagus secara teknis dan fisik. Mereka sudah banyak berkembang," kata Roberto Mancini dilansir dari laman UEFA.

Raihan poin di laga pembuka ini sangat penting karena kekuatan tim di grup A terbilang merata. Di sana bercokol pula Wales dan Swiss. "Grup ini cukup keras. Anda tidak mungkin menemukan tim yang lemah dalam kompetisi seperti ini," ujar Mancini. (tribun network/den)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved