Breaking News:

Pencairan Gaji 13 Sudah 97 Persen

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Aceh saat ini sudah mencairkan gaji ke 13 bagi ASN lembaga vertikal di Aceh

hand over dokumen pribadi
Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendarahaan (DJPb) Syafriadi 

BANDA ACEH - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Aceh saat ini sudah mencairkan gaji ke 13 bagi ASN lembaga vertikal di Aceh mencapai 97 persen.

Kepala Kanwil DJPb Aceh, Syafriadi mengatakan, sudah berkoordinasi dengan 7 KPPN lingkup Provinsi Aceh, untuk mendorong mitra kerjanya melakukan percepatan pengajuan permintaan pembayaran gaji 13 mulai 3 Juni 2021.

Berdasarkan data per 9 Juni 2021, penyaluran gaji 13 diAceh pada instansi vertikal telah mencapai Rp 246 miliar. Dalam kurun waktu 5 hari kerja sejak dibukanya penerimaan SPM Gaji-13, 7 KPPN lingkup Provinsi Aceh telah menyalurkan Gaji 13 kepada 613 satuan kerja atau sekitar 97,92 persen dari total mitra kerjanya. Sisanya diharapkan dapat tersalurkan pada akhir minggu ini.

Dikatakan, capaian penyaluran gaji 13 yang cukup tinggi tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara KPPN dengan mitra kerjanya. Melalui komunikasi dan dukungan teknis, KPPN memberikan asistensi kepada satuan kerja untuk melengkapi persyaratan penyaluran gaji 13. Sementara itu, satuan kerja berupaya memenuhi persyaratan tersebut agar dapat mengajukan permintaan pembayaran gaji 13 pada kesempatan pertama.

Percepatan pembayaran gaji 13 diharapkan dapat mendorong roda perekonomian dan mewujudkan pemulihan ekonomi yang lebih cepat di daerah. Syafriadi, dalam kesempatan terpisah mengatakan, pemulihan ekonomi di daerah, saat ini sangat bergantung pada peran APBN, oleh karena itu percepatan dalam pembayaran gaji 13 diharapkan dapat menjadi salah satu stimulus bagi penguatan daya beli masyarakat dan pertumbuhan perekonomian setempat.

“Para penerima gaji 13 diharapkan dapat menggunakan insentif tersebut dengan baik untuk mendukung pendidikan putra-putrinya dan membelanjakannya pada sektor-sektor pendukung ekonomi, seperti UMKM dan usaha mikro lainnya, agar pemulihan ekonomi dapat terwujud lebih cepat dan memiliki dorongan yang besar bagi semakin menggeliatnya perekonomian di Aceh,” ujar Syafriadi.

Pembayaran gaji 13 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Sebagaimana disampaikan sebelumnya, pemberian gaji 13 tahun 2021 adalah sebesar gaji pokok ditambah tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Untuk pensiunan dan penerima pensiun diberikan sejumlah pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan penghasilan.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved