Breaking News:

Berita Aceh Besar

Babinsa Motivasi Pengrajin Ikan Asin

Ikan asin yang diawetkan secara tradisional itu, masih menjadi kebutuhan yang diminati masyarakat luas.

Penulis: Asnawi Luwi | Editor: Taufik Hidayat
Dok Babinsa
Babinsa Koramil 19/Leupung, Kodim 0101/ Aceh besar, Serda Syarifuddin memotivasi dan mambantu pengrajin usaha ikan asin di Desa Layeun, Kecamatan Leupung, Aceh Besar, Sabtu, (12/6/2021). 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Dalam rangka mendukung program Pemerintah Daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan melalui berbagai Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM).

Babinsa Koramil 19/Leupung, Kodim 0101/ Aceh besar, Serda Syarifuddin memotivasi dan mambantu pengrajin usaha Ikan Asin di Desa Layeun, Kecamatan Leupung, Aceh Besar, Sabtu, (12/6/2021).

"Kegiatan seperti ini merupakan rutinitas keseharian setiap babinsa dalam melakukan Komunikas Sosial (Komsos), serta membantu secara langsung dengan warga dan mitra karib yang berada di desa binaanya  tersebut," ujar Serda Syarifuddin dalam rilisnya, Sabtu (12/6/2021).

Kata dia, selama ini pengembangan kerajinan didasarkan dari potensi sumber daya alam musiman sebagai bahan baku yang tersedia, sehingga industri pengrajin Ikan Asin dapat berkerja sesuai dengan kapasitas bahan baku yang mencapai tiga keranjang, atau 10 hingga 15 kilogrma perhari nya.

Menurut dia, proses pembuatan Ikan Asin memang tidak terlalu sulit bagi yang sudah mahir seperti yang dilakukan Aminah adalah seorang pelaku UMKM, yang sampai saat ini sudah menyerap beberapa tenaga kerja untuk membantu usahanya.

"Dengan adanya usaha Aminah, dapat membantu beberapa orang masyarakat setempat dalam peluang lapangan kerja," tuturnya.

Lanjutnya, ikan asin merupakan bahan makanan yang terbuat dari daging ikan, dengan pengolahan pengawetan secara tradisional, dan saat ini masih menjadi kebutuhan yang diminati masyarakat luas, sehingga dalam pemasaran hasil usaha ikan asin Aminah sudah sampai ke luar daerah.(*)

Baca juga: 243 Gampong Akan Gelar Pilchiksung Secara Serentak, Ini Jadwalnya

Baca juga: Di Hadapan Komisi Militer, Kim Jong Un Serukan Siaga Tinggi Terhadap Situasi di Semenanjung Korea

Baca juga: Inilah Sosok Orang Terkaya di Palestina, Begini Caranya Mendapatkan Uang dan Jumlah Kekayaannya

Baca juga: PSSB Bireuen Segera Seleksi Pemain, Persiapan Bertarung dalam Liga 3 Digelar Asprov PSSI Aceh

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved