Breaking News:

Berita Bireuen

UNIKI Bireuen Gelar Sosialisasi Program MSIB

Program ini untuk mengatasi banyaknya jumlah para pencari kerja di Indonesia, namun disisi lain ada banyak lowongan kerja yang perlu diisi SDM.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
DOK UNIKI
UNIKI Bireuen menggelar sosialisasi program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) diikuti oleh puluhan mahasiswa UNIKI maupun dosen. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen, Sabtu (12/06/2021) menggelar sosialisasi program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) diikuti para mahasiswa UNIKI dari berbagai program studi.

Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Kehumasan,  Drs Win Konadi MSi kepada Serambinews.com mengatakan, sosialisasi mendukung implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui program MSIB  dalam mendorong capaian indikator kinerja utama.

Mendorong lulusan mendapat pekerjaan yang layak dan mendapat pengalaman di luar kampus. Sosialisasi dilakukan  setelah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menunjuk PIC atau Koordinator program MSIB  untuk kampus UNIKI yaitu Murni  SE MSi. Sosialisasi melibatkan utusan dosen, staf dan mahasiswa UNIKI.

Drs Win Konadi menambahkan, program MSIB  dari Kemdikbud Ristek  telah diluncurkan sejak 30 Maret 2021. 

Program  tersebut  dilatarbelakang fenomena paradok yang kerap dihadapi, yakni begitu banyaknya jumlah para pencari kerja di Indonesia, namun disisi lain ada banyak lowongan kerja yang perlu diisi SDM.

Pihak industri dan perusahaan kerap kecewa, karena tidak bisa mendapatkan SDM yang sesuai dengan keinginan mereka.

Baca juga: Satu Rumah di Jangka Ludes Terbakar, Begini Kejadiannya

Baca juga: Nek Habibah Terduduk Lesu Melihat Rumahnya Ludes Terbakar

Baca juga: Ramal Masa Depan Indonesia, Mbak You Sebut Bencana Tsunami Besar akan Datang

Para recruiter juga tanpa lelah berkeliling Indonesia untuk memenuhi hal ini. Maka, melalui program magang dan studi Independen diharapkan dapat menjadi solusi bagi kedua pihak agar dapat saling mencapai tujuan yang diinginkan.

Ditambahkan, peserta  MSIB, mereka memperoleh sertifikat kampus merdeka  yang merupakan upaya pemerintah untuk menjembatani dan mengamankan ketersediaan talenta berkualitas bagi industri nasional yang membutuhkan solusi alternatif.

Juga untuk mendapatkan talenta yang sesuai dengan kualifikasi dan cocok dengan budaya organisasi, sehingga bisa memberikan kontribusi yang nyata dalam jangka waktu yang lama, sebut Konadi.

Bagi mahasiswa sendiri, program MSIB kampus merdeka memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman pembelajaran di luar kampus, sebagai bagian dari kebijakan merdeka belajar.

Dimana nantinya kampus mengakui kegiatan  magang disetarakan dengan 20 hingga 40 SKS pengalaman belajar di luar kampus selama satu atau dua semester, papar Warek III.

Baca juga: Di Hadapan Komisi Militer, Kim Jong Un Serukan Siaga Tinggi Terhadap Situasi di Semenanjung Korea

Baca juga: Inilah Sosok Orang Terkaya di Palestina, Begini Caranya Mendapatkan Uang dan Jumlah Kekayaannya

Baca juga: Tim Kemenhub Cek Kesiapan Bener Meriah, Terkait Rencana Pembangunan Dry Port

Koordinator MSIB UNIKI , Murni menyatakan program   MSIB  merupakan program kolaboratif antara para mitra dari perusahaan, organisasi, institusi pemerintahan, atau startup dan Kemendikbud yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa tingkat akhir atau mulai semester 5.

Mereka dapat menyelami, merasakan dunia kerja yang sesungguhnya sambil berkontribusi nyata menerapkan ilmu yang masih segar melalui proyek, tim, pendamping, dan proses yang berkualitas,” terangnya.

Adapun tujuan MSIB  untuk memberikan alternatif solusi rekrutmen yang ideal, sehingga organisasi mitra bisa meninggalkan pola rekrutmen dan seleksi tradisional yang tidak efisien. Juga, meningkatkan employer branding di mata talenta muda di Indonesia, sehingga memudahkan organisasi mitra dalam proses rekrutmen dan seleksi di masa mendatang.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved