Breaking News:

RUPS BAS

Sekda: Lanjutan RUPS Bank Aceh Syariah Tunggu Gubernur Sehat, Bustami Hamzah Masih Jabat Komut

Taqwallah menjelaskan, untuk memenuhi ketentuan aturan UU Perseroan Terbatas (PT), Rapat Umum Pemegang Saham itu, paling lambat dilaksanakan 30 Juni,

Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim
HUMAS PEMERINTAH ACEH
Sekda Aceh Taqwallah menyosialisasikan program BEREH Pemerintah Aceh kepada jajaran PNS Kabupaten Pidie, Jumat (18/10/2019). 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bank Aceh Syariah telah dilaksanakan pada 10 Juni 2021 lalu secara virtual.

Namun karena bupati/walikota yang juga sebagai pemegang saham bank tersebut, meminta acara tersebut dilaksanakan secara offline atau tatap muka, bukan online melalui meeting zoom atau virtual.

“Informasi lanjutan RUPS PT BAS itu, yang kami terima dari anggota komisaris lainnya dan direksi, akan dilaksanakan kembali, setelah Pak Gubernur Nova Iriansyah sehat dan menurut aturannya paling lambat RPUS itu dilaksanakan sebelum tanggal 30 Juni 2021,” kata Sekda Aceh dr Taqwallah M Kes yang juga anggota Komisaris PT Bank Aceh Syariah kepada Serambinews.com, Kamis (17/6) di Banda Aceh.

Taqwallah menjelaskan, untuk memenuhi ketentuan aturan UU Perseroan Terbatas (PT), Rapat Umum Pemegang Saham itu, paling lambat dilaksanakan 30 Juni, setiap tahun.

Menindaklanjuti dan menyikapi aturan Perseroan Terbatas itu, Gubernur Aceh selaku pemegang saham pengendali atau terbesar PT BAS, telah menjadwalkan 10 Juni 2021, dilakukan secara virtual.

Abu Dhabi Jadi Negara Pertama Penerima Obat Penyembuh Pasien Covid-19, Sotrovimab-VIR-783

Dua Warga Aceh Timur Ditangkap, Total 89 Kg Sabu dan 48.418 Ekstasi Disita, AK 47 dan M16 Diamankan

Direksi dan Komisaris PT BAS, seluruhnya saat itu, berada di ruang rapat kerja Sekda Aceh, sedangkan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, berada di Pendopo Gubernur Aceh, menyampaikan pidato pengarahan RUPS PT BAS.

Sementara 23 Bupati/Walikota yang juga sebagai pemegang saham PT BAS, berada di masing-masing ruang kerjanya di daerah.

Beberapa menit pelaksanaan RUPS PT BAS berlangsung secara virtual pada tanggal 10 Juni 2021 lalu dan telah dibuka Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, namun karena pada saat para bupati/walikota ingin menanggapi laporan tahunan direksi dan rencana program direksi tahun depan serta ingin menyampaikan saran dan usulnya kepada pihak direksi dan komisaris PT BAS, arus komunikasi dari daerah ke ruang rapat Sekda Aceh di Kantor Gubernur, tempat para direksi dan komisaris PT BAS berada, kurang lancar dan tiba-tiba, suara dari daerah hilang.

Karena para bupati/walikota yang ingin berbicara merasa komunikasinya ke Banda Aceh kurang lancar saat itu, akibat gangguan sinyal internet, sehingga sejumlah bupati mengusulkan RUPS PT BAS ditunda dulu, sampai Pak Gubernur Nova Iriansyah sehat dari sakit covid-19, baru dilanjutkan kembali secara offline atau tatap muka di Banda Aceh.

Kedua, karena dalam aturan UU Perseroan Terbatas, pelaksanaan RPUS tahunan, harus dilaksanakan paling lambat pada tanggal 30 Juni, setiap tahun, maka pemegang saham menyepakatinya, RUPS lanjutan PT BAS, akan dilanjutkan kembali, sebelum tanggal 30 Juni 2021.

“Karena, kedua belah pihak sudah sepakat RUPS PT BAS ditunda sampai gubernur sehat, kemudian dilanjutkan sebelum tanggal 30 Juni 2021, RUPS ditutup dan menunggu informasi berikutnya dari pemegang saham,” kata Sekda Aceh.

Sementara itu, kalangan komisaris PT BAS yang dimintai penjelasan terkait pengunduran diri Bustami Hamzah pada 25 Mei 2021 dari Kepala Badan Pengelola Keuangan Aceh (BPKA), apakah ia juga menyampaikan pengunduran dirinya dari Komisaris Utama PT Bank Aceh Syariah (BAS), seorang anggota Komisaris Bank Aceh Syariah yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, sampai tanggal 17 Juni 2021, pihak Komisaris PT Bank Aceh Syariah belum menerima surat pengunduran diri Bustami Hamzah, sebagai Komut PT BAS.

“Ini artinya ia, masih tetap menjabat sebagai Komut PT BAS,” ujar anggota Komisaris tersebut dengan tegas.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved