Breaking News:

Fadli Zon: 3 Nelayan Penyelamat Rohingya Harusnya Diberi Penghargaan, Melaksanakan Amanat Pancasila

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh ketiganya itu merupakan suatu bentuk amalan dari amanat Pancasila, yaitu Sila ke-2. Namun kenyataannya, mereka

Penulis: Yeni Hardika | Editor: Zaenal
KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. 

SERAMBINEWS.COM - Anggota Dewan Perwakilan rakyat (DPR) Fadli Zon meluapkan kritikan tajam soal kasus yang menimpa 3 nelayan Aceh penyelamat Rohingnya.

Ketiga nelayan asal Aceh Utara dan Aceh Timur tersebut divonis 5 tahun penjara oleh PN Lhoksukon.

Dalam sidang pamungkas yang berlangsung secara virtual Senin (14/6/2021), Majelis Hakim menyebutkan para terdakwa melanggar Pasal 120 ayat (1) Undang-undang Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian Juncto Pasal 55 KUHPidana.

Ketiga terdakwa dalam kasus ini dihukum masing-masing 5 tahun penjara dan denda Rp 500 juta, subsidair satu bulan kurungan.

Mereka adalah Faisal Afrizal (26) warga Desa Ulee Rubek Barat Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, Abdul Aziz (31) warga Desa Gampong Aceh Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur, dan Faisal Afrizal (43) Desa Matang Bayu Kecamatan Baktiya, Aceh Utara.

Hukuman vonis 5 tahun penjara terhadap masing-masing nelayan penyelamat Rohingya itu diberitakan oleh Serambinews.com pada Rabu (16 Juni 2021).

Berita yang juga dibagikan Serambinews.com melalui laman Twitter resmi ini ternyata sampai pada Fadli Zon.

Melalui cuitan di akun Twitternya, Kamis (17/6/2021), Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini pun mengeluarkan protesnya terhadap hukuman yang dijatuhkan pada ketiga nelayan asal Aceh Utara penyelamat Rohingya, sembari menyematkan berita Serambinews.com terkait kasus tersebut.

"3 Nelayan Aceh ini menyelamatkan warga Rohingya harusnya diberi penghargaan," tulis Fadli Zon seperti dikutip Serambinews.com, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: 3 Nelayan Aceh Utara yang Tolong Warga Rohingya di Tengah Laut Dihukum 5 Tahun Penjara

Fadli Zon menilai bahwa hukuman itu seharusnya tidak pantas dijatuhkan pada ketiga nelayan Aceh yang telah melakukan aksi kemanusiannya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved