Breaking News:

Berita Banda Aceh

Personel Gabungan Pengamanan Bandara SIM Gagalkan Upaya Penyeludupan 1.020 Gram Sabu di Dalam UPS

Modus operandi yang dilakukan dua tersangka yang ikut diamankan oleh petugas, yakni mengirim paket sabu-sabu yang disimpan ke dalam UPS.

Penulis: Misran Asri | Editor: Ibrahim Aji
FOR SERAMBINEWS.COM
Pihak Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) didampingi dari personel Lanud SIM, menyerahkan barang bukti (BB) UPS dan dua tersangka kepada pihak Kepolisian, Kamis (17/6/2021). 

Modus operandi yang dilakukan dua tersangka yang ikut diamankan oleh petugas, yakni mengirim paket sabu-sabu yang disimpan ke dalam UPS.

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Personel gabungan pengamanan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, menggagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu sebanyak empat bungkus plastik seberat 1.020 gram, Kamis (17/6/2021) sore.

Modus operandi yang dilakukan dua tersangka yang ikut diamankan oleh petugas, yakni mengirim paket sabu-sabu yang disimpan ke dalam Uninterruptible Power Supply (UPS).

Menggunakan jasa pengiriman PT J &T Express Banda Aceh, lalu paket UPS yang dikirimkan tersebut ditempatkan di Cargo Bandara SIM dan persiapan dikirimkan menggunakan Pesawat Garuda GA-147 pukul 15.50 WIB, rute BTJ-CGK (Banda Aceh-Cengkareng).

Informasi yang diterima Serambinews.com, Jumat (18/6/2021), sabu-sabu itu berhasil digagalkan berawal dari kecurigaan petugas Avsec di bagian operator X-Ray yang melakukan pemeriksaan barang di Cargo Bandara SIM.

Baca juga: Office Boy Gondol Uang Rp157 Juta Milik Perusahaan, Dipakai Foya-foya di 4 Kota

Baca juga: FAKTA Gadis 15 Tahun Penyandang Disabilitas Dirudapaksa 8 Pria, 7 Tersangka Ditembak dan 1 Menyerah

Begitu petugas Avsec itu melihat di layar monitor ada barang yang mencurigakan, selanjutnya petugas bandara itu pun melakukan pemeriksaan secara manual dan menemukan isi barang tersebut berupa narkotika jenis sabu sebanyak empat bungkus plastik didalam UPS.

Selanjutnya petugas itu melaporkan penemuanya ke petugas Polisi Militer Angkatan Udara (Pomau) dan Intel Lanud SIM serta Pos Polisi (Pospol) Bandara SIM.

Adapun barang bukti yang ditemukan sebanyak empat bungkus plastik sabu-sabu seberat 1.020 gram serta data pengirim dan penerima.

Dansatpom Lanud SIM, Mayor POM Atut Pambudi SH menjelaskan, barang bukti yang didapat selanjutnya diserahkan ke petugas Satuan Narkoba Polresta Banda Aceh yang dipimpin Kasat Narkoba Banda Aceh AKP Rustam Nawawi SIK, untuk penyelidikan.

Baca juga: Tiga Pria Pengangguran Rudapaksa Wanita Terapis Pijat hingga Pingsan, HP Korban Dibawa Kabur

Baca juga: VIDEO - Viral Niat untuk Amal Jariyah Ortu, Wanita Bagi-bagi Buku Gratis Karya Almarhum Ayahnya

Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) Kolonel Pnb Henri Ahmad Badawi MHan menyebutkan, dalam mengantisipasi terjadinya penyelundupan barang-barang terlarang, seperti narkotika dan senjata api ataupun yang lainnya, baik yang masuk dan keluar dari Aceh, akan dilimpahkan ke Polda Aceh untuk pengembangan kasus lebih lanjut.

"Kami Lanud Sultan Iskandar Muda dan pihak bandara selalu bersinergi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang menggunakan jasa maskapai penerbangan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda," terang Danlanud SIM.

Kolonel Pnb Henri Ahmad pun menyebutkan menggagalkan penyelundupan sabu yang dilakukan pada Kamis (17/6/2021) merupakan yang kedua kalinya di bulan Juni tahun 2021.

Baca juga: Pasangan Calon Pengantin Tewas Jelang Pernikahan, Tenggelam Terseret Ombak saat Liburan ke Pantai

Baca juga: Oknum TNI AL Aniaya Warga hingga Tewas, Pelaku Terancam Dipecat

Penggagalan sabu-sabu seberat 1.000 gram, melalui bandara sebelumnya juga dilakukan oleh personel gabungan pengamanan Bandara SIM tepatnya sekitar 8 hari lalu .

"Untuk itu kita sebagai petugas harus selalu bekerja sama, waspada dan jeli melihat gerak-gerik penguna jasa penerbangan, sehingga sekecil apapun tindak kriminal dan kejahatan di Bandara SIM khsusunya dapat kita atasi dan kita ketahui bersama," pungkas Danlanud SIM, Kolonel Pnb Henri Ahmad Badawi, MHan.(*)

Baca juga: Bolehkah Saham Jadi Mahar Pernikahan? Ini Penjelasan Buya Yahya

Baca juga: Jordania Berpacu Selamatkan Ikan Kecil Seperti Cupang, Pemanasan Global Jadi Ancaman

Baca juga: Warga Asing Ingin Kunjungi Arab Saudi, Harus Lengkapi Data Imunisasi Covid-19

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved