Breaking News:

Info Abdya

Jalan Blangpidie-Cot Manee Segera Dibangun

Kepastian terkait pembangunan jalan lintas provinsi yang selama ini menjadi jalur alternatif bagi warga Abdya dan sekitar itu membawa angin segar bagi

Penulis: Rahmat Saputra | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/RAHMAT SAPUTRA
PPK Balai Wilayah Sungai Sumatera I, Mahdani ST MT bersama Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dan Kepala Bappeda Aceh, HT Ahmad Dadek datang ke Muara Krueng Susoh dan Pantai Jilbab Susoh, Abdya, Jumat (18/6/2021) . 

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Raya

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE - Jalan lintas provinsi yang menghubungkan Kota Blangpidie dan Cot Manee Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan segera dibangun pada tahun 2022 mendatang.

Kepastian pembangunan jalan tersebut disampaikan Kepala Bappeda Aceh, TAhmad Dadek SH MH di hadapan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Abdya, Alfian Liswandar ST serta pejabat terkait lainnya saat melakukan kunjungan ke Abdya, Jumat (18/6/2021).

Kepala DPUPR Abdya, Alfian Liswandar ST mengatakan, berdasarkan penyampaian Kepala Bappeda Aceh, jalan lintas Blangpidie-Cot Manee tersebut telah masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah Aceh (RKPA) tahun 2022 dengan panjang 3,34 kilometer.

Kepastian terkait pembangunan jalan lintas provinsi yang selama ini menjadi jalur alternatif bagi warga Abdya dan sekitar itu membawa angin segar bagi warga setempat.

Live Streaming MotoGP Jerman 2021 Hari Ini - Miguel Oliveira yakin Bisa Raih Pole Position

Nelayan Idi Selamatkan Seorang Nelayan Thailand setelah Boat yang Ditumpangi Tenggelam

Jalan Elak Gampong Blang Cot Tunong Bertebaran Sampah Ganggu Kenyamanan Warga

“Sebab, selama ini jalan dimaksud kerap mengalami kerusakan di beberapa titik, seperti lubang menganga dan kondisi badan jalan yang bergelombang. Kondisi itu sering dikeluhkan warga, lantaran para pengendara yang melintas kerap mengalami kecelakaan,” ujar Alfian.

Jalan alternatif itu, katanya, telah berulang kali diperbaiki dengan tambal sulam, namun setelah diperbaiki, ruas jalan itu kembali rusak.

“Sebenarnya itu kewenangan provinsi, ada yang tidak paham, sehingga menanggap pemerintah Abdya tak merespon. Jadi, upaya (tambal sulam) yang kita lakukan itu, beban moral merespon dan memenuhi permintaan masyarakat yang selama ini, mengeluhkan kondisi jalan yang semakin memperihatinkan dan berbahaya saat dilintasi,” ungkapnya.

Dia mengaku khawatir dengan kondisi jalan yang sangat membahayakan para pengguna jalan itu, mengingat usia jalan tersebut sudah lebih 10 tahun dan dibangun menggunakan anggaran BRR.

Untuk diketahui, para pengendaraan kendaraan bermotor jenis roda dua dan roda empat dari arah Meulaboh, Aceh Barat menuju Blangpidie, ibukota Kabupaten Abdya dan Aceh Selatan lebih cenderung menggunakan jalur alternatif ini dan tidak lagi melintasi Jalan Nasional kawasan Kecamatan Susoh.

Hal itu dikarenakan jarak tempuh yang sangat singkat, yaitu dari Simpang Cot Manee, Kecamatan Jeumpa menuju Kota Blangpidie yang jaraknya hanya sekitar 4 km. Jika melewati Jalan Nasional kawasan Susoh menuju Blangpidie jarak tempuh bisa mencapai belasan kilometer.

“Atas dasar itulah kami melakukan perbaikan berulang kali dan mengusulkan pembangunan jalan tersebut ke tingkat provinsi, sebab jalan itu merupakan kewenangan pihak provinsi. Alhamdulillah hal itu tersahuti dan akan terealisasi di 2022 mendatang,” pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved