Breaking News:

Sosok Ebrahim Raisi

Baru Saja Terpilih, Mengapa Presiden Baru Iran Ebrahim Raisi Dianggap Sebagai Ancaman Bagi Israel?

Bagi Israel, Sosok Ebrahim Raisi adalah orang yang patut diwaspadai dan berbahaya. Bahkan Israel mengirim peringatan kepada dunia....

Editor: Eddy Fitriadi
AFP
Presiden Iran, Ebrahim Raisi. 

SERAMBINEWS.COM - Rakyat Iran bersukacita menyambut terpilihnya Ebrahim Raisi sebagai Presiden baru Iran. Namun Israel justru sebaliknya.

Bagi Israel, Sosok Ebrahim Raisi adalah orang yang patut diwaspadai dan berbahaya.

Bahkan Israel mengirim peringatan kepada dunia bahwa sosok Ebrahim Raisi sangat berbahaya.

Kenapa ya?

Israel memperingatkan masyarakat internasional pada Sabtu (19/6/2021) untuk berhati-hati dengan presiden terpilih Iran Ebrahim Raisi, karena dianggap berkomitmen kuat pada program nuklir.

Terpilihnya Raisi "menjelaskan niat jahat Iran yang sebenarnya, dan seharusnya masyarakat internasional meningkatkan keprihatinan serius," tulis juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Lior Haiat dalam Twitter, seperti yang dilansir dari AFP pada Sabtu (19/6/2021).

Iran telah "memilih presiden yang paling ekstrem hingga saat ini," kata Haiat setelah pemilihan usai di Iran pada Jumat (18/6/2021).

Sosok Ebrahim Raisi disebutkan "berkomitmen pada program nuklir militer Iran yang berkembang pesat".

Israel dengan keras menentang perjanjian nuklir 2015 antara Iran dan kekuatan dunia, yang menawarkan keringanan sanksi kepada musuh bebuyutannya itu dengan imbalan pembatasan program nuklir.

Melansir Kompas.com, Israel berpendapat kesepakatan nuklir internasional itu justru memungkinkan Iran mengembangkan senjata nuklirnya.

Sementara, Iran selalu membantah mengembangkan senjata nuklir.

Raisi, seorang ulama ultrakonservatif, akan mengambil alih pemerintahan ketika Iran berusaha untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir internasional yang compang-camping dan membebaskan diri dari hukuman sanksi AS.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett yang baru dilantik menyebut upaya untuk menghidupkan kembali kesepakatan itu sebagai "kesalahan yang akan memberikan legitimasi kepada salah satu rezim paling gelap".(*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul "Ternyata Ini Sebab Israel Peringatkan Dunia Bahwa Presiden Baru Iran Ebrahim Raisi Sangat Berbahaya" 

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved