Breaking News:

Italia vs Wales, Gli Azzurri Menuju Rekor

TIMNAS Italia menuju rekor saat menghadapi Wales dalam laga terakhir grup A Euro 2020 di Stadion Olimpico, Roma, pada Minggu (20/6/2021) malam WIB

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM

TIMNAS Italia menuju rekor saat menghadapi Wales dalam laga terakhir grup A Euro 2020 di Stadion Olimpico, Roma, pada Minggu (20/6/2021) malam WIB. Rekor tersebut adalah Gli Azzurri--julukan Timnas Italia--tak terkalahkan dalam 30 pertandingan terakhir jika mereka tidak takluk dari Wales.

Italia yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, pada laga ini kemungkinan akan menyimpan beberapa pemain inti dan menurunkan pemain cadangan. Setelah menang 3-0 masing-masing atas Turki dan Swiss di dua pertandingan Grup A Euro 2020, mereka sudah melakoni 29 pertandingan tidak terkalahkan.

Kemenangan atas Wales dalam tarung malam nanti akan membuat Italia menembus catatan mereka pada tahun 1935-1939 yang kala itu pernah mencatat 30 laga tanpa kekalahan. Italia juga masih berpeluang memecahkan rekor Argentina 1991-1993 (31 pertandingan), Spanyol 2007-2009 (35 pertandingan), dan Brasil 1993-1996 (35 pertandingan) tak terkalahkan.

Pendekatan Italia tampaknya masih sama saat menghadapi laga terakhir fase grup melawan Wales. Meskipun pelatih Roberto Mancini kemungkinan akan mengistirahatkan beberapa pemain inti, tapi tim cadangan Azzuri tetap punya semangat juang yang sama. Mereka siap menampilkan permainan menyerang ala Italia masa kini.

“Ada banyak energi dan atmosfer yang hebat di tim nasional ini yang pantas dihargai oleh pelatih. Dia benar-benar membawa banyak antusiasme,” kata pemain sayap, Federico Chiesa, yang diperkirakan mengganti Lorenzo Insigne di lini depan. Chiesa dan Andrea Belotti adalah pemain cadangan Italia di Euro kali ini.

Sebutan yang agak canggung mengingat apa yang mereka sumbangkan selama 10 kemenangan Italia dalam 10 pertandingan kualifikasi. Belotti adalah pencetak gol terbanyak di bawah Mancini dengan delapan gol, menyamai gol Ciro Immobile, yang kemungkinan akan ia gantikan saat melawan Wales nanti.

“Kami memiliki 26 starter dan jika saya dipanggil, saya akan mempersiapkan diri. Setiap dari kita memiliki peran yang harus dijalankan untuk mencapai tujuan kita. Kami di sini untuk melangkah jauh,” kata Chiesa.

Marco Verratti, yang juga menjadi starter reguler sebelum absen pada dua pertandingan karena cedera lutut kanan, juga sudah siap tampil. Dia kemungkinan akan menggantikan Manuel Locatelli yang mencetak dua gol dalam kemenangan Italia atas Swiss.

Setelah mengalahkan Turki dan Swiss, Italia hanya membutuhkan hasil imbang untuk menjamin tempat pertama di Grup A. Wales--yang memiliki empat poin--bisa mengamankan satu tempat di babak 16 besar jika mampu mengakhiri laga tersebut dengan hasil imbang atau jika Swiss gagal mengalahkan Turki pada pertandingan lain di grup yang sama.

"Tidak ada tekanan. Kami akan pergi ke sana dan menikmati diri kami sendiri dan jika kami bisa mendapatkan pemain bagus kami menguasai bola dan beberapa dari kami memiliki malam yang baik, lalu siapa yang tahu? Kami mungkin mendapatkan hasil yang layak,” kata bek kanan Wales, Connor Roberts, yang mencetak gol kedua dalam kemenangan 2-0 atas Turki.

Italia cukup akrab dengan gelandang andalan Wales Aaron Ramsey, yang bermain untuk Juventus di Serie A dalam dua musim terakhir. “Dia pemain yang sangat cerdas saya telah banyak belajar tahun ini dalam latihan dan pertandingan,” kata Chiesa, Italia sudah memenangkan 10 pertandingan berturut-turut. Semua dimenangkan dengan catatan tidak kebobolan. Dan dalam 29 pertandingan beruntun tak terkalahkan.

Laga ini akan sangat menentukan dalam pencapaian rekor 30 laga tidak terkalahkan atau rekor tidak terkalahkan timnas Italia terlama yang pernah dicapai di bawah manajer Vittorio Pozzo hampir seabad yang lalu. Performa Azzurri makin impresif setelah mereka bangkit dari kegagalan yang tidak lolos ke Piala Dunia 2018.

Sebelumnya, Italia tak pernah mencetak lebih dari dua gol dalam pertandingan Kejuaraan Eropa. Tapi, kini mereka sudah berubah. Italia telah mencetak tiga gol dalam dua laga berturut-turut. “Kami tidak akan rugi apa-apa. Tidak ada yang benar-benar mengharapkan kami untuk pergi ke sana dan menang dan benar-benar bertarung, karena mereka sangat bagus,” tambah Connor Roberts. (tribunnews/mba)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved