Breaking News:

Pendaftaran Jalur Mandiri Tinggal Dua Hari Lagi

Rektor Universitas Syiah Kuala (USK), Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, mengingatkan kepada peserta yang ingin masuk perguruan tinggi

Editor: bakri
FOTO HUMAS UNSYIAH
Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng IPU 

BANDA ACEH - Rektor Universitas Syiah Kuala (USK), Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, mengingatkan kepada peserta yang ingin masuk perguruan tinggi melalui jalur mandiri untuk segera mendaftar. Sebab, menurut Rektor, masa pendaftaran masuk perguruan tinggi melalui jalur terakhir tersebut hanya tinggal dua hari lagi karena akan ditutup pada Senin (21/6/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

“ Untuk itu, kami harapkan anak-anak kita yang ingin kuliah melalui jalur mandiri untuk segera mendaftar. Sebab, ini merupakan jalur seleksi terakhir untuk masuk perguruan tinggi negeri pada tahun ini,” ucap Rektor seperti disampaikan Koordinator Humas USK, Chairil Munawir MT SE MM, dalam siaran pers kepada Serambi, Sabtu (19/6/2021).

Menurutnya, proses pendaftaran jalur mandiri dibuka sejak 17 Mei 2021. “Informasi lengkap untuk jalur Mandiri ini dapat diakses melalui website https://smmptnbarat.id/ atau Unsyiah.ac.id,” ujar Prof Samsul.

Tahun ini, sebut Rektor, USK menyediakan kuota untuk jalur mandiri sebesar 30 persen dari total daya tampung. Sementara untuk dua jalur lain yaitu Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masing-masing sebesar 25 dan 45 persen.

Sebelumnya, USK sudah menerima 3.625 orang dari 23.862 peserta SBMPTN yang memilih universitas tersebut sebagai perguruan tinggi tujuannya. Karena itu, Rektor menilai, kesempatan untuk masuk USK melalui jalur Mandiri adalah peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh peserta SBMPTN yang tidak lulus sebelumnya.

“Jalur Mandiri juga merupakan peluang lain bagi yang gagal SBMPTN. Makanya, manfaatkanlah kesempatan ini dengan waktu pendaftaran yang akan ditutup pada tanggal 21 Juni mendatang,” ucap Rektor.

Untuk diketahui, USK bersama 17 PTN lain yang tergabung dalam BKS PTN Barat sudah sepakat melakukan seleksi bersama jalur Mandiri ini yang bernama Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM PTN) Barat 2021.

Adapun 17 PTN Barat tersebut adalah Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Bengkulu (Unib), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Lampung (Unila, Institut Seni Indonesi (ISI) Padangpanjang, Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), dan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Lalu, Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera Utara (ITERA), Universitas Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Samudra (Unsam), Universitas Riau (UNRI), Universitas Siliwangi (Unsil), dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta).

Untuk informasi lebih lanjut terkait proses seleksi masuk perguruan tinggi ini, tambah Prof Samsul, peserta dapat melihatnya di website resmi SMM PTN Barat 2021. “Bila ada kendala selama proses pendaftaran dapat menghubungi Humas USK di nomor 08116752000 atau Unit Layanan Terpadu (ULT) USK pada nomor 08116701962,” pungkas Prof Samsul Rizal. (jal)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved