Breaking News:

Puskesmas Pulau Banyak Tutup Sementara

Puskesmas Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, harus tutup selama 14 hari, terhitung sejak Sabtu (19/6/2021) hingga Jumat (2/7/2021

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/ DEDE ROSADI
Puskesmas Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil, yang berada di daerah terpencil telah terakreditasi, Jumat (24/1/2020). 

SINGKIL - Puskesmas Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, harus tutup selama 14 hari, terhitung sejak Sabtu (19/6/2021) hingga Jumat (2/7/2021). Penutupan itu dilakukan setelah seorang tenaga medisnya dinyatakan positif Covid-19.

Penutupan Puskesmas ini tentu menjadi kabar buruk bagi masyarakat di sana, sebab Puskesmas tersebut merupakan satu-satunya fasilitas kesehatan yang tersedia bagi warga yang berada di tengah kepulauan itu.

Dengan penutupan itu, maka satu-satunya pilihan adalah berobat ke daratan Singkil. Tetapi masalahnya, mereka harus berlayar dengan jarak tempuh 2-4 jam, jika cuaca laut sedang bagus. Sementara jika cuaca buruk, warga sama sekali tidak bisa melakukan pelayaran.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Nruman membenarkan bahwa Puskesmas Pualu Banyak ditutup akibat ada seorang tenaga medis terpapar Corona. "Benar tutup," kata Nruman.

Walau tututup sebut Nruman warga yang butuh pertolongan darurat tetap dilayani. Sebab instalasi gawat darurat (IGD) buka. "Yang butuh layanan gawat darurat tetap di Puskesmas karena UGD buka," kata Nruman.

Puskesmas juga melayani pengambilan obat rutin. Sementara yang tutup hanya untuk layanan umum. Selain tenaga kesehatan Puskesmas, di Pulau Banyak, terdapat 7 warga yang positif Covid-19. Sehingga total ada 8 warga Pulau Banyak positif Corona.

Kasus Corona Virus Deseasis 2019 (Covid-19) di Kabupaten Aceh Singkil, kembali melonjak. Setelah sempat turun selama dua hari. Berdasarkan data Satgas Covid-19 Aceh Singkil, Sabtu (19/6/2021) terjadi penambahan sebanyak 10 kasus.

Masing-masing di Kecamatan Pulau Banyak 8 kasus dan Kecamatan Gunung Meriah 2 kasus.  Untuk Pulau Banyak, ini merupakan kasus pertama sejak virus tersebut ditemukan.

Sementara itu secara keseluruhan ada 301 warga Aceh Singkil yang terpapar. Dari jumlah itu 255 orang telah dinyatakan sembuh. Sisanya 35 orang lagi masih dalam tahap penyembuhan. Sedangkan angka kematian mencapai 11 kasus.

Angka kematian tersebar di Kecamatan Gunung Meriah 7 kasus, Singkil, Singkil Utara, Suro dan Kecamatan Danau Paris masing-masing 1 kasus. Di Kabupaten Aceh Singkil, warga yang terpapar Covid-19 terpusat Kecamatan Gunung Meriah. Dari 301 kasus sebanyak 186 kasus merupakan penduduk Gunung Meriah.

Sedangkan sisanya tersebar di delapan kecamatan, yaitu Kecamatan Singkil, Singkil Utara, Simpang Kanan, Danau Paris, Suro, Singkohor, Pulau Banyak dan Kecamatan Kota Baharu. Sementara dua kecamatan yakni Kecamatan Pulau Banyak Barat dan Kecamatan Kuala Baru, nihil kasus.(de)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved