Breaking News:

Warga Bireuen Masih Buang Sampah Sembarangan

Prilaku buang sampah sembarangan kembali muncul di Bireuen. Kali ini, di ruas jalan elak kawasan Gampong Blang Cot Tunong, Kecamatan Jeumpa

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/ YUSMANDIN IDRIS
Sampah rumah tangga mulai dibuang sembarangan di pinggir ruas jalan elak kawasan Blang Cot Tunong, Jeumpa. Foto direkam Sabtu (19/06/2021). 

BIREUEN – Prilaku  buang sampah sembarangan kembali muncul di Bireuen. Kali ini, di ruas jalan elak kawasan Gampong Blang Cot Tunong, Kecamatan Jeumpa. Di mana tumpukan sampah dalam plastik dan sebagian sudah terburai sangat meresahkan masyarakat.

“Beberapa waktu lalu, aksi buang sampah sembarangan di ruas jalan elak kawasan Geulanggang Tengoh, Kota Juang. Kini, aksi itu muncul di ruas jalan elak sebelah barat,” lapor seorang warga Bireuen, Rusli, Sabtu (19/6/2021).

Amatan Serambi, awalnya  ada pekerjaan pembersihan saluran irigasi di kawasan itu. Sampah dan sidemen dari saluran berupa pasir dan rumput diletakkan di pinggir jalan.

Beberapa hari kemudian, muncul kantong plastik berisi sampah dan semakin hari kian banyak. Kini, di lokasi tersebut setidaknya terdapat lima tumpukan sampah dalam plastik. Bahkan, sebagian plastik berisi sampah sudah terburai dan menimbulkan aroma menyengat hidung.

"Awalnya, sampah di situ hanya rerumputan dari pembersihan saluran irigasi dibuang ke pinggir jalan. Lalu, ada warga yang melintas membuang sampah pada tumpukan sampah irigasi," sebut seorang ibu rumah tangga, Martiah (42).

Sampah rumah tangga dibuang secara sengaja ke pinggir jalan beraneka ragam seperti pampers, hingga bangkai ayam mati. “Memang, sebagian telah  kami bakar sampahnya. Tapi, setelah itu tetap ada warga sambil melintas membuang sampah secara sembarangan di sini,” ujar Martiah.

Kondisi  tersebut sangat mengganggu kenyamanan warga sekitar dan pengguna jalan. Mereka mengharapkan tumpuknan sampah segera dibersihkan. Terlebih, jangan sampai pinggir jalan elak ini jadi lokasi tempat orang membuang sampah.

Camat Jeumpa, Tarmizi ST mengaku, ia sudah menerima informasi dari  warga  tentang keluhan sampah berserakan di pinggir jalan elak. "Kita harap sampah dari pembersihan saluran irigasi serta yang  dibuang sembarangan  segera dibersihkan pihak terkait, dan dibuang ke tempatnya," harapnya.(yus)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved