Breaking News:

Aceh Bebas Zona Merah

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional mengumumkan, saat ini Aceh sudah bebas dari zona merah Covid-19

Editor: bakri
For Serambinews.com
Jubir Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani. 

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional mengumumkan, saat ini Aceh sudah bebas dari zona merah Covid-19. Status itu didapat Aceh setelah tiga kabupaten/kota yang sebelumnya masuk zona merah kini sudah menjadi zona oranye. Tiga daerah itu adalah Banda Aceh, Pidie, dan Aceh Tengah.

“Banda Aceh masuk zona merah sejak 6 Juni 2021. Sedangkan Pidie dan Aceh Tengah mendadak merah sejak 13 Juni 2021. Alhamdulillah, kini ketiga daerah tersebut sudah menjadi zona oranye yang artinya zona risiko sedang Covid-19," ungkap Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Aceh, Zona Merah kepada wartawan, di Banda Aceh, Kamis (24/6/2021).

Menurutnya, penanganan Covid-19 di Aceh Tenggara, Aceh Timur, Bener Meriah, dan Simelue, juga tampak membaik. "Buktinya, keempat daerah oranye itu kini ‘naik kelas’ menjadi zona kuning, zona risiko rendah Covid-19. Sedangkan Subulussalam bertahan sebagai zona kuning sejak 23 Mei 2021," timpal Saifullah seraya menyatakan 18 kabupaten/kota lain di Aceh saat ini merupakan zona oranye.

Dengan membaiknya kondisi Covid-19 ditujuh kabupaten/kota tersebut, lanjutnya, maka Aceh bebas zona merah tapi nihil zona hijau atau zona paling aman dari risiko penularan virus Corona. “Kita berharap zona hijau bisa segera diraih oleh sejumlah kabupaten/kota di Aceh pada pekan depan,” harap pria yang akrab disapa SAG, ini.

Ia mengingatkan, kriteria warna hijau, kuning, oranye, dan warna merah pada Peta Zonasi Risiko Covid-19 berbeda dengan klasifikasi pewarnaan pada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro. Warna pada peta zonasi risiko Covid-10 yang diformulasikan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, merupakan alat navigasi kebijakan berbasis data di tingkat kabupaten/kota.

Sedangkan warna hijau, kuning, oranye, dan warna merah pada PPKM Mikro, merupakan kriteria zonasi pengendalian wilayah hingga ke tingkat gampong atau RW. “Meski warnanya sama namun dasar yang dipakai dalam memformulasikannya berbeda. Aplikasinya di lapangan dalam penanganan Covid-19 antara tingkat kabupaten/kota dengan tingkat gampong atau RW juga berbeda,” jelasnya.

Positif 18.590 orang

Saifullah Abdulgani juga menyebutkan, hingga Kamis (23/6/2021), total kasus positif Covid-19 di Aceh mencapai 18.590 orang. Sementara penyintas yang sudah sembuh sebanyak 14.092 orang. "Pasien yang dirawat 3.748 orang, dan total yang meninggal dunia mencapai 750 orang," rincinya.

Jumlah itu, sebut Saifullah, sudah termasuk kasus pada Kamis (24/6/2021) warga yang positif Covid-19 bertambaha 156 orang, pasien sembuh 224 orang, dan yang meninggal dunia bertambah enam orang.

Penderita baru Covid-19 berasal dari Banda Aceh 46 orang, Aceh Besar 29 orang, Aceh Tengah 24 orang, Pidie delapan orang, Bener Meriah tujuh orang, Aceh Utara enam orang, serta Bireuen, Aceh Barat, dan Aceh Singkil, masing-masing empat orang. Selanjutnya, Sabang dan Aceh Selatan masing-masing tiga orang, Aceh Tamiang, Aceh Timur, dan Pidie Jaya sama-sama dua orang, serta Gayo Lues, Lhokseumawe, Nagan Raya, dan Aceh Barat Daya (Abdya) masing-masing satu orang. Sedangkan delapan orang lagi merupakan warga luar daerah.

Sementara 224 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh kemarin berasal dari Banda Aceh 146 orang, Aceh Besar 15 orang, Bireuen 12 orang, Lhokseumawe 11 orang, Aceh Tenggara dan Abdya sama-sama sembilan orang, Simeulue enam orang, Aceh Utara dan Pidie Jaya masing-masing lima orang, Aceh Timur tiga orang, serta Aceh Tengah, Sabang, dan Aceh Barat masing-masing satu orang.

“Pasien Covid-19 yang meninggal dunia, hari ini (kemarin-red) bertambah lagi enam orang. Sehingga, secara akumulatif sudah mencapai 750 orang,” jelasnya. Pasien Covid-19 yang meninggal tersebut, tambah SAG, berasal dari Aceh Tamiang dan Bireuen masing dua orang, serta Aceh Timur dan Langsa masing-masing satu orang. (dan)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved