Breaking News:

Berita Langsa

BUMN & Perusahaan Swasta di Langsa belum Buka Lowongan Kerja, Pemko Godok Pembentukan Disnaker 

"Kita saat ini hanya baru ada Bidang Naker yang ditempatkan di DPMPTSP, sebelumnya Bidang Naker ini berada di Dinas Sosial," terangnya.

Penulis: Zubir | Editor: Saifullah
FOR SERAMBINEWS.COM
Kabid Naker DPMPTSP Kota Langsa, Eddy Mukhti menjelaskan, perusahaan swasta dan BUMN yang ada di Kota Langsa saat ini belum ada membuka perekrutan pekerja baru, Kamis (24/6/2021). 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Perusahaan swasta maupun BUMN yang ada di wilayah Kota Langsa, saat ini belum ada melakukan kerja sama dengan Bidang Naker DPMPTSP setempat untuk penerimaan karyawan baru.

"Pihak swasta atau BUMN sampai sekarang belum ada melaporkan tentang pembukaan lowongan kerja baru karyawannya," ujar Kabid Ketenagakerjaan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Langsa, Eddy Mukhti, SE, MAP kepada Serambinews.com, Kamis (24/6/2021).

Edy Mukhti mengakui, bahwa selama ini sudah banyak daerah atau kabupaten/kota melakukan pola kerja sama penerimaan karyawan baru maupun pelatihan antara perusahaan swasta dan  BUMN hingga BUMD dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). 

Namun, karena di Pemerintah Kota (Pemko) Langsa belum terbentuk Dinas Ketenagakerjaan, maka pola kerjasama tersebut belum bisa dilakukan seperti daerah lain.

"Kita saat ini hanya baru ada Bidang Naker yang ditempatkan di DPMPTSP, sebelumnya Bidang Naker ini berada di Dinas Sosial," terangnya.

Apabila Disnaker telah ada, timpal Edy, seperti yang telah dilakukan berbagai daerah lainnya, Disnaker akan bekerja sama dengan perusahaan swasta, BUMN, dan BUMD untuk menggagas berbagai pelatihan bagi masyarakat.

Baca juga: Adakah Perusahaan di Aceh Timur Saat Ini yang Buka Lowongan Kerja? Ini Kata Kadisnakertrans Zulbahri

Baca juga: Lowongan Kerja BRI Agro Juni 2021, Tersedia Banyak Posisi, Terakhir Besok

Baca juga: Kesempatan Terakhir, Pertamina Group Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan S1 dan D4, Ditutup Hari Ini

Termasuk akan dirancang kerja sama antara Disnaker dan perusahaan setiap ada dibukanya atau penerimaan pekerja baru di perusahaan terkait, Disnaker membantu melakukan perekrutan.

Sudah seharusnya, tambah Edy, Bidang Naker terbentuk menjadi Dinas di Pemko Langsa, karena cakupan kerja Disnaker luas, terutama membawahi bidang ketenagakerjaan dan hal lainnya.

Menyikapi kebutuhan dinas itu, Pemko Langsa saat ini sedang melakukan proses terbentuknya Bidang Naker menjadi Disnaker, dan kini sudah dalam proses penggodokan.

“Mungkin pada tahun 2022 nanti, Dinas Ketenagakerjaan ini sudah terbentuk di Pemko Langsa, setelah usulan ke Kementrian terkait selesai dilakukan dan termasuk pembuatan qanunnya,” papar dia.

"Setelah terbentuk, maka Disnaker sudah bisa membangun pola kerja sama dengan semua perusahaan di daerah, salah satunya bertujuan membantu masyarakat mendapatkan lapangan pekerjaan," pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved