Breaking News:

Inggris vs Jerman, Dendam Lama Southgate

TIMNAS Inggris akan menghadapi Jerman pada babak 16 Besar Piala Eropa 2020. Di masa lalu, Jerman adalah mimpi buruk bagi Inggris saat dihadapi

Editor: bakri
Inggris vs Jerman, Dendam Lama Southgate
FOR SERAMBINEWS.COM

TIMNAS Inggris akan menghadapi Jerman pada babak 16 Besar Piala Eropa 2020. Di masa lalu, Jerman adalah mimpi buruk bagi Inggris saat dihadapi pada fase sistem gugur sebuah turnamen besar. Sedikit keberuntungan bagi timnas Inggris karena pada babak 16 Besar Euro 2020 ini pertandingan akan digelar di Stadion Wembley, Selasa (29/6/2021) malam.

Tim berjuluk Tiga Singa itu menghadapi catatan buruk pada laga melawan Jerman. Saat menghadapi Jerman di babak sistem gugur, mereka tidak pernah menang sejak 1966. Sejak meraih juara dunia di Piala Dunia 1966 dengan menaklukkan Jerman 4-2 pada babak final, Inggris selalu kalah dalam empat pertemuan melawan Die Mannschaft di babak knock out turnamen besar, termasuk Piala Dunia dan Piala Eropa.

Mereka menyerah 2-3 pada Perempat final Piala Dunia 1979, takluk di semifinal Piala Dunia 1990 lewat adu penalti dengan skor 4-5, kalah di semifinal EURO 1996 juga lewat adu penalti dengan skor 6-7, dan terakhir Inggris kalah 1-4 di babak 16 Besar Piala Dunia 2010.

Begitu juga sejarah pelatih timnas Inggris saat ini, Gareth Southgate secara personal. Dia masih merasakan dendam lama di semifinal EURO '96. Saat itu, Southgate menjadi penendang penalti yang sepakannya gagal sehingga Inggris kalah dengan skor 6-7.

Setelah menjadi pelatih timnas Inggris pun, Southgate belum pernah bisa menang melawan Jerman. Dalam catatan pertemuan menghadapi Jerman, Southgate telah dua kali menghadapi laga melawan Jerman di pertandingan persahabatan. Satu laga berakhir seri dan satu laga lainnya berakhir dengan kekalahan.

Sehingga tidak berlebihan jika Southgate mengatakan pada pemainnya jika mereka menang atas Jerman di Piala Eropa ini, ini adalah sebuah sejarah baru dalam rivalitas Inggris dan Jerman. Dia berpesan kepada para pemainnya untuk bisa membuat sejarah memupus catatan buruk Inggris yang selalu kalah di fase knock out turnamen besar.

Dia berusaha meningkatkan harapan Inggris untuk bisa keluar dan bermain tanpa rasa takut. Mereka menilai, lini pertahanan mereka saat ini solid. Rekor di Stadion Wembley baru-baru ini dengan 13 kemenangan dari 15 pertandingan terakhir menjadi alasan untuk mereka percaya dan yakin.

"Pertandingan babak 16 besar Euro 2020 Inggris melawan Jerman pada hari Selasa adalah kesempatan bagi Inggris untuk membuat sejarah," kata manajer Gareth Southgate dikutip dari BBC.

"Pertandingan ini mungkin pantas digelar lebih dari babak kedua. Tapi begitu juga Belgia melawan Portugal dan satu atau dua lainnya. Ini adalah kesempatan besar bagi tim ini untuk membuat sejarah dan memberikan kenangan kepada orang-orang tentang pertandingan Inggris-Jerman di masa depan," katanya.

Catatan kekalahan Inggris atas Jerman sejak 1966 itu menurut Southgate sama sekali tidak ada artinya untuk para pemain. Karena banyak di antara pemainnya saat itu belum dilahirkan. Inggris bertekad untuk meraih kemenangan pertama atas Jerman di babak sistem gugur turnamen besar sejak 1966. Mereka menghadapi tim Joachim Loew di depan 40.000 penonton Wembley.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved