Breaking News:

Berita Aceh Barat

Dosen UTU Meulaboh Latih Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Budidaya Sayuran dan Buah

Sosialisasi tentang pembuatan kawasan rumah pangan lestari kepada masyarakat salah satunya dilakukan di Gampong Ranub Dong, Kecamatan Meureubo

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Mursal Ismail
Dokumen Humas UTU      
Para peserta berpose bersama pada kegiatan sosialisasi pemanfaatan pekarangan rumah untuk budidaya sayuran dan buah di Desa Ranub Dong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat yang diselenggarakan oleh UTU Meulaboh, Kamis (1/7/2021) 

Sosialisasi tentang pembuatan kawasan rumah pangan lestari kepada masyarakat salah satunya dilakukan di Gampong Ranub Dong, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Dosen Universitas Teuku Umar (UTU), Meulaboh, Aceh Barat, Kamis (1/7/2021), menyosialisasikan pemanfaatan pekarangan rumah yang bisa digunakan untuk budidaya sayur-sayuran dan buah.

Sosialisasi tentang pembuatan kawasan rumah pangan lestari kepada masyarakat salah satunya dilakukan di Gampong Ranub Dong, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

Berdasarkan hasil riset, Provinsi Aceh salah satu provinsi yang rendah konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Hal ini tentu dapat berdampak buruk terhadap kesehatan, jika pola konsumsi buah dan sayuran tidak terpenuhi dengan baik.

Ketua Program Studi Gizi Khairunnas, Kamis (1/7/2021), menyebutkan bahwa sesuai dengan hasil penelitian di Gampong Ranub Dong, masih terdapat kasus gizi buruk. 

Padahal semestinya kasus gizi buruk dapat diatasi dengan pengaturan pola konsumsi yang baik dan seimbang.

Khairunnas menyebutkan, bahwa program yang dilaksanakan ini merupakan implementasi dari hasil penelitian melalui Skim Pengabdian Berbasis Riset (PBR) Pendanaan Tahun 2021 Universitas Teuku Umar.

“Dengan mengonsumsi buah dan sayur secara rutin tentunya akan membantu pemenuhan vitamin dan mineral di dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan terhindar dari penyakit menular,” jelasnya.

Pada pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat tersebut melibatkan perangkat gampong dan ibu PKK Gampong Ranub Dong.

Selain itu juga turut hadir dalam sosialisasi tersebut Dosen Prodi Gizi, Hanif Muchdatul Ayunda dan Arfah Husna selaku tim pengabdian. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved