Breaking News:

Wakil Walikota Langsa Dukung Rencana F-KKA Perjuangkan Dana Otsus Abadi Bagi Masyarakat Aceh

Wakil Wali Kota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM, mendukung rencana Forum Komunikasi Pemerintahan Kabupaten dan Kota se-Aceh (F-KKA) memperjuangkan

Editor: bakri
FOTO HUMAS PEMKO LANGSA
Wakil Wali Kota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM, didampingi Asisten I, Suriyatno, AP, MSP, Kabag Pemerintahan, Khairul Ichsan, SSTP, dan lainnya saat mengikuti rapat kerja Forum KKA yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting. 

LANGSA - Wakil Wali Kota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM, mendukung rencana Forum Komunikasi Pemerintahan Kabupaten dan Kota se-Aceh (F-KKA) memperjuangkan dana Otonomi khusus (Otsus) abadi bagi masyarakat Aceh.

Hal itu disampaikannya dalam rapat kerja Forum KKA yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting, Kamis (1/7/21) diikuti oleh Bupati/Wakil Bupati, Walikota/ Wakil Walikota dan Ketua/Wakil ketua DPRK Se-Aceh. Marzuki Hamid menilai jika dana otonomi khusus diperpanjang seperti Papua, tidak berakhir di tahun 2027.

Maka dana Otsus itu akan memberikan dampak positif untuk pembangunan Aceh meski ada yang perlu dievaluasi. “Alasan perlu diperpanjang karena dana Otsus berhasil menurunkan angka kemiskinan, pengangguran dan dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia Khsuusnya di Aceh,” paparnya.

Marzuki Hamid menambahkan pemanfaatan dana Otsus selama ini tidak ada kelonggaran bagi daerah untuk berkreasi memperoleh atau memanfaatkan dana Otsus tersebut. Sehingga banyak kebutuhan masyarakat dan pembangunan daerah tidak bisa direalisasikan melalui dana itu. “Jadi ke depan harus ada evaluasi pemanfaatan dana Otsus tersebut agar lebih fl eksibel,” pintanya. Selain itu, Marzuki Hamid mengaku Forum Komunikasi Pemerintahan Kabupaten dan Kota se-Aceh (F-KKA) siap dipanggil ke Istana Negara untuk membicarakan masalah ini lebih lanjut.

Tidak hanya soal dana Otsus itu saja, tapi termasuk membahas butir-butir MoU Helsinky secara keseluruhan. Wakil Wali Kota juga mengajak semua pihak di Aceh untuk ikut bersama- sama memperjuangkan dana Otsus abadi diterima oleh masyarakat Aceh. “Perlu juga gerakan dari Pemerintah Aceh, Parpol, tokoh-tokoh Aceh agar bersedia bersama-sama memperjuangkan kepentingan masyarakat Aceh tentang dana otsus abadi ini,” tutup Marzuki Hamid. (*/zb)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved