Breaking News:

Info Kota Sabang

Kota Sabang Masuk Nominasi Penerima Penghargaan Kota Sehat Tahun 2021

Penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat kembali di gelar oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI

Editor: Muhammad Hadi
Foto Humas Pemko Sabang
Kepala Bappeda Kota Sabang Faisal Azwar, ST. MT sangat bersyukur karena tahun ini Kota Sabang masuk nominasi sebagai penerima penghargaan Kota Sehat untuk mendapatkan Swasti Saba kategori Padapa 

SERAMBINEWS.COM, SABANG - Penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat kembali di gelar oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI.

Tahun ini Kota Sabang masuk nominasi sebagai penerima penghargaan Kota Sehat untuk mendapatkan Swasti Saba kategori Padapa.

Hal ini sesuai hasil rapat tim pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Aceh pada tanggal 12 Maret Tahun 2021 lalu, menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negeri Nomor : 005/831/Bangda, dengan perihal pemberian penghargaan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2021.

Baca juga: Wali Kota Sabang Terima Penghargaan Best Figure Excellence 2021

Menanggapi hal ini, Kepala Bappeda Kota Sabang Faisal Azwar, ST. MT mengatakan sangat bersyukur karena Kota Sabang diusulkan untuk mendapatkan Swasti Saba kategori Padapa bersama dengan tiga Kabupaten/Kota lainnya di Aceh.

"Alhamdulillah, ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan, Kita masuk sebagai penerima penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) tahun 2021 dan nantinya akan menjadi Kota Pariwisata yang juga Kota dengan hunian bersih, nyaman dan sehat," kata Kepala Bappeda Kota Sabang, Faisal Azwar, ST. MT, Minggu (4/7/2021).

Kepala Bappeda Kota Sabang, Faisal Azwar, ST. MT menjelaskan bahwa program KKS ini bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya.

Baca juga: Wali Kota Nazaruddin Pantau Vaksinasi Massal di Kota Sabang

Tentu saja dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya.

"Namun, untuk mendapatkan penghargaan tersebut, Kota Sabang masih harus melalui penilaian pelaksanaan KKS.

Mulai dari melakukan bedah dokumen, verifikasi lapangan, hingga menetapkan hasil bagi daerah yang akan mendapat penghargaan. Kita harus selalu optimis dan yakin," ucap Faisal.

Lebih lanjut dikatakan, penghargaan KKS ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Pusat pada Pemerintah Daerah yang sudah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.

Baca juga: HUT Ke-56 Kota Sabang Momentum Semangat Berkarya, Berjaya Untuk Kemakmuran Bersama

"Penyelenggaraan Program KKS ini, seperti biasa akan melibatkan banyak lintas sektor dan lintas program melalui tatanan dalam KKS," ujarnya.

Tambahnya, terdapat tujuh tatanan KKS, yaitu kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat.

Kemudian kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

Dia berharap, Kota Sabang akan mendapatkan penghargaan pada program KKS tahun ini dan akan mampu menorehkan prestasi lainnya hingga ke tingkat nasional bahkan Internasional.(*)

Baca juga: Waspada! Balai Litbangkes Deteksi Varian Baru Virus Corona di Aceh

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved