Breaking News:

Warga Kritis Diinjak Gajah

Abdurrahman (57), warga Kampung Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, kritis setelah diinjak seekor gajah liar

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Korban insiden diinjak gajah, Abdurrahman (57) warga Kampung Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu (3/7/2021) dirawat di RSU Datu Beru Takengon. 

TAKENGON - Abdurrahman (57), warga Kampung Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, kritis setelah diinjak seekor gajah liar pada Sabtu (3/7/2021) sekira pukul 11.00 WIB. Ketika insiden itu terjadi, korban bersama tim dari BPBD setempat sedang melakukan penggiringan gajah liar.

Abdurrahman langsung dilarikan ke RSU Datu Beru Takengon untuk mendapatkan perawatan intensif lantaran kondisinya sempat kritis. Korban mengalami beberapa luka, di antaranya pada bagian kaki dan kepala.

"Korban masih dirawat di rumah sakit. Tadi sudah di-rontgen untuk memastikan kondisinya," kata Kepala BPBD Aceh Tengah, Ishak kepada Serambi, kemarin.

Ishak menceritakan kronologis Abdurrahman diinjak gajah. Ketika itu ia sedang ikut bersama tim BPBD serta masyarakat melakukan pengusiran dan penggiringan kawanan gajah liar di dekat Dusun Paya Lah, Kampung Karang Ampar. "Saat itu, kawanan gajah sudah pergi tetapi ada satu ekor yang tertinggal di belakang. Tiba-tiba langsung menyerang korban," tuturnya.

Berdasarkan laporan, lanjut Ishak, saat itu korban ditemani dua warga lainnya. Tetapi ketika diserang gajah, dua rekannya berhasil menyelamatkan diri. Korban tidak sempat lari sehingga disasar oleh hewan bertubuh besar itu.

"Waktu pengiringan, ada dibagi beberapa tim. Tetapi rombongan korban tidak tahu, kalau ada satu ekor gajah lagi yang tertinggal di belakang," lanjutnya.

Disebutkan Ishak, setelah kejadian itu proses penggiringan gajah liar dihentikan sementara karena adanya beberapa pertimbangan. "Saya sedang menuju lokasi untuk mengecek perkembangan proses penggiringan gajah. Tapi hari ini, sudah dihentikan sementara," sebutnya.

Sekadar diketahui, kawanan gajah liar sudah beberapa hari terakhir berkeliaran di dekat Dusun Paya Lah, Kampung Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah. Keberadaan hewan dilindungi ini mulai membuat resah warga di daerah itu, karena tidak bisa beraktivitas menggarap lahan pertanian maupun perkebunan milik mereka.(my)  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved