Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Demi Keselamatan Warga, Pemkab Aceh Tamiang Larang Penjualan BBM Eceran di Pusat Kota Kualasimpang

“Faktor keselamatan memang menjadi alasan utama kebijakan ini. Boleh saja pedagang eceran sudah berhati-hati, tapi ada pengguna jalan yang lalai...

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Nurul Hayati
Foto kiriman warga
ILUSTRASI - Masyarakat sedang mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax di Pertashop Desa Mane Kareung, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe. 

“Faktor keselamatan memang menjadi alasan utama kebijakan ini. Boleh saja pedagang eceran sudah berhati-hati, tapi ada pengguna jalan yang lalai membuang puntung rokok sembarang, ini akan langsung besar,” jelasnya.

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG – Pemkab Aceh Tamiang melarang penjualan bahan bakar minyak (BBM) eceran di Pusat Kota Kualasimpang.

Larangan ini mulai berlaku sejak diterbitkannya surat peringatan dari Sekda Aceh Tamiang, Asra pada 30 Juli 2021.

Dalam surat itu ditegaskan, pelarangan ini sesuai dengan Qanun Kabupaten Aceh Tamiang Nomor 8/2013 tentang Pedoman Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki lima.

Larangan berlaku, untuk pedagang yang melakukan jual beli dalam bentuk Pertamini maupun minyak eceran menggunakan jeriken/botol.

Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang, Agusliayana Devita menjelaskan, kebijakan ini sudah sesuai dengan UU Nomor 22/2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

“Dalam Pasal 33 dijelaskan, ada beberapa poin yang melarang kegiatan usaha minyak dan gas bumi, salah satunya bangunan bersejarah, bangunan rumah tinggal atau pabrik tanah perkarangan sekitarnya,” kata Devi, Senin (5/7/2021).

Baca juga: VIDEO - Viral Mobil Isuzu Panther Diisi BBM Minyak Goreng, Biar Makin Kenceng

Menurut Devi, kawasan Kampung Kota Kualasimpang memenuhi kriteria ini karena terdapat beberapa bangunan bersejarah dan tingkat kepadatan penduduk yang begitu tinggi.

Dia menambahkan, dasar awal dikeluarkannya kebijakan ini tidak terlepas dari musibah kebakaran yang marak terjadi belakangan ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved