Breaking News:

Italia vs Spanyol, Duel Rival Abadi

ITALIA dan Spanyol, dua tim yang memiliki catatan rivalitas terpanjang di Eropa akan bertemu pada babak semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM

ITALIA dan Spanyol, dua tim yang memiliki catatan rivalitas terpanjang di Eropa akan bertemu pada babak semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. Pertemuan ini menjadi duel keempat kali secara berturut-turut bagi kedua tim di ajang Piala Eropa. Mereka selalu bertemu pada tiga edisi sebelumnya yaitu Euro 2008, 2012, dan 2016.

Pada Euro 2008, Spanyol menaklukkan Italia di babak perempat final, 4-2, melalui adu penalti. Di Piala Eropa empat tahun kemudian, duel kedua tim ini terjadi pada babak final dimana Spanyol menang empat gol tanpa balas. Sementara pada Euro 2016, La Roja dan Azzuri bertemu di babak 16 dengan hasil kemenangan 2-0 untuk Italia.

Italia menaklukkan Spanyol yang saat itu berstatus juara bertahan dalam dua kali penyelenggaraan Piala Eropa sebelumnya (2008 dan 2012) berkat gol yang dicetak Giorgio Chiellini dan Graziano Pelle. Kali ini, Italia juga datang ke Wembley setelah memenangkan 13 laga terakhir. Mereka juga terus memecahkan rekor tidak terkalahkan dalam 32 pertandingan terakhir (27 kemenangan dan 5 imbang).

Kecepatan mereka dan penyelesaian akhir yang mematikan terbukti ampuh dalam menaklukkan tim peringkat satu dunia, Belgia. Kedua tim juga sedang bersaing ketat dalam posisi peringkat FIFA saat ini. Spanyol berada di peringkat enam sedangkan Italia berada di posisi ketujuh.

Pelatih Italia, Roberto Mancini, optimistis bisa menang dengan mencetak lebih banyak gol dari laga melawan Belgia. "Kami mencetak dua gol (melawan Belgia) dan kami seharusnya bisa mencetak lebih banyak lagi. Saya pikir kemenangan itu sepenuhnya pantas. Spanyol adalah lawan berikutnya. Makin kita melangkah maju, pertandingan akan jadi makin sulit," kata Mancini.

Sementara Pelatih Spanyol, Luis Enrique, merasa bangga timnya bisa menembus babak semifinal Euro 2020. "Kami sangat bangga. Akan konyol untuk berpikir bahwa kami atau semifinalis mana pun akan menandatangani kontrak untuk cukup sampai di sini saja. Kami semua ingin mencapai final dan menang," katanya.

Pada babak perempat final, Italia mengalahkan Belgia 2-1, sekaligus mencatat kemenangan ke-15 berturut-turut di kejuaraan Eropa. Ini tentu merupakan sebuah rekor kompetisi baru, melampaui rekor 14 kemenangan yang sudah diraih Jerman dan Belgia.

Spanyol juga berhasil mencapai babak empat besar, setelah menaklukkan Swiss dalam drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal. Pemenang pertandingan dini hari WIB nanti akan menghadapi pemenang laga Inggris versus Denmark pada partai final yang juga berlangsung di Wembley, 12 Juli mendatang.

Italia dan Spanyol juga sudah dua kali bertemu di kualifikasi Piala Dunia 2018. Laga di Turin berakhir imbang 1-1 sebelum Morata mencetak gol terakhir bagi Spanyol dalam kemenangan 3-0 di Santiago Bernabeu, Madrid. Spanyol kemudian finis di puncak Grup G sedangkan Italia dikalahkan Swedia 0-1 secara agregat di babak play-off. Hasil itu menjadi pengalaman pertama Italia gagal lolos ke Piala Dunia sejak tahun 1958 silam.

Kedua negara sudah bertemu 37 kali di semua turnamen dan laga persahabatan. Italia meraih 11 kemenangan, sementara 13 laga dimenangkan oleh Spanyol. Sedangkan 13 partai lainnya berakhir imbang. Khusus di ajang Euro, kedua tim sudah bertemu enam kali. Mereka sama-sama mencatat dua kemenangan dan tiga pertemuan lainnya berkesudahan dengan hasil seri.

Italia menang dua kali pada tahun 2016 (2-0) dan 1988 (1-0), sementara Spanyol menang dua kali pada final 2012 (4-0) dan 2008 (4-2). Sedangkan dua laga lain yang berakhir imbang masing-masing pada babak penyisihan grup 2012 (1-1) dan 1980 (0-0).

Italia akan bermain tanpa Leonardo Spinazzola yang mengalami cedera saat melawan Belgia. Di kubu Spanyol, hanya satu pemain yang mengalami masalah kebugaran yaitu Pablo Sarabia. Banyak yang lebih mengunggulkan Italia atas Spanyol dalam pertandingan ini. Namun, apapun bisa saja terjadi dalam sepak bola. Apalagi dalam persaingan ketat antara kedua negara tersebut. (tribun network/mba)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved